• KANAL BERITA

Gordon Banks, Kiper Legendaris Inggris Meninggal Dunia

Foto: BT.com
Foto: BT.com

LONDON, suaramerdeka.com - Duka mendalam dirasakan sepak bola Inggris, usai kiper legendaris mereka, Gordon Banks, tutup usia. Kiper yang mengantar Inggris meraih satu-satunya Piala Dunia, meninggal pada usia 81 tahun.

"Dengan duka mendalam kami mengumumkan Gordon telah meninggal dunia dengan tenang tadi malam. Kami terpukul dengan kehilangan ini tapi kami menyimpan banyak kenangan indah dan sangat bangga dengan dirinya," demikian pernyataan resmi keluarga Banks dikutip dari BBC.

Lahir di Sheffield pada 30 Desember 1937, Banks sukses mengantar Inggris menjadi juara Piala Dunia 1966. Turnamen yang kala itu masih berjuluk Piala Jules Rimet itu menjadi satu-satunya trofi Piala Dunia yang berhasil dimenangi The Three Lions sampai saat ini.

Banks dianggap sebagai salah satu kiper terbaik yang pernah dipunya Inggris. Dia juga berhasil memenangi dua trofi Piala Liga Inggris bersama Leicester City (1964) dan Stoke City (1972) bahkan lima kali memenangi gelar Kiper Terbaik FIFA.

Bersama Timnas Inggris, Banks tercatat tampil dalam 73 penampilan. Selain beberapa trofi dan penghargaan pribadi, Banks juga banyak dikenang atas penyelamatan sensasionalnya saat menghalau tandukan Pele di Piala Dunia 1970.


(Andika Primasiwi, DS/CN26)