• KANAL BERITA

Hajar Chelsea, Guardiola Akui Penampilan Man City Luar Biasa

Foto: AFP / Getty Images
Foto: AFP / Getty Images

MANCHESTER, suaramerdeka.com - Manajer Manchester City, Pep Guardiola mengaku, penampilan anak asuhnya luar biasa usai menang setengah lusin gol tanpa balas atas Chelsea. Kendati dalam situasi tak menguntungkan, Guardiola menyebut City tampil menakjubkan.

"Pekan yang luar biasa, pertandingan yang luar biasa. Kami beruntung bisa mencetak tiga gol dari empat aksi pertama. Setelah 3-0, mereka jauh lebih baik dari kami dan setelah 5-0, situasi jadi tak mudah untuk mereka," ungkap Guardiola kepada BBC.

Menjamu Chelsea di Etihad Stadium, City menang telak 6-0 di mana Sergio Aguero mencetak hat-trick, Raheem Sterling bikin dua gol, dan Ilkay Guendogan menyumbang satu gol. Menguasai bola hingga 56 persen, City sukses melepaskan 15 tembakan di mana sembilan mengarah ke gawang dan satu membentur mistar gawang. Mereka pun meredam Chelsea, yang kesulitan mengembangkan permainan, meski punya 12 percobaan.

Bagi Guardiola, hasil dan performa timnya di laga ini mengejutkan. Maklum dalam sepekan terakhir, pasukannya menghadapi Arsenal lalu Everton di tengah pekan. Sementara Chelsea menikmati tengah pekan yang bebas, setelah pekan lalu menang telak 5-0 atas Huddersfield Town. Maka tak heran, Guardiola melontarkan pujian--pujian untuk para pemainnya, yang sudah bekerja keras dan mengeksekusi rencana permainan dengan apik.

"Chelsea suka menguasai bola, mereka bermain luar biasa. Jadi itulah sebabnya saya sangat puas, setelah kami menghadapi Arsenal, lalu Everton, dan punya beberapa hari saja untuk memulihkan diri," kata manajer asal Spanyol itu.

Bagi Guardiola, menang 6-0 atas Chelsea tetaplah mengejutkan, mengingat mereka bukan tim sembarangan yang bisa digelontor setengah lusin gol. Sebelum kekalahan telak ini, Chelsea baru kebobolan 23 gol dalam 25 laga.

Pasukan Maurizio Sarri juga merupakan tim dengan jumlah kemasukan paling sedikit ketiga di Premier League dengan catatan itu, hanya kalah dari Liverpool dan City "Kami berbicara pagi ini, melatih situasi bola mati, melatih pergerakan. Saya tak pernah berpikir kami akan mencetak gol sebanyak ini," ungkap Guardiola kepada BBC.

Kemenangan telak ini sekaligus mengembalikan City ke puncak klasemen, meski cuma unggul selisih gol atas Liverpool dan sudah menjalani laga lebih banyak. Tapi setidaknya mereka menebar tekanan lebih besar untuk sang rival dari Merseyside. Menatap 11 pekan tersisa, City menantikan bantuan apapun dari semesta untuk misi mempertahankan gelar juara, di tengah kerja keras mereka.

"Di puncak klasemen, kami bakal harus menunggu ketika Liverpool bertandang ke Old Trafford karena kami sudah memainkan satu laga lebih banyak. Mereka memenangi laga itu dan mereka memimpin klasemen lagi, dengan kami tepat di belakang. Tapi saya bangga," ujar Guardiola.


(Andika Primasiwi, DS/CN26)