• KANAL BERITA

Valverde Tuntut Konsistensi dari Coutinho

Foto: David Ramos / Getty Images
Foto: David Ramos / Getty Images

VALENCIA, suaramerdeka.com - Pelatih Barcelona, Ernesto Valverde menuntut, konsistensi dari Philippe Coutinho sekaligus memahami kerisauannya karena jarang main reguler. "Ketika saya tidak memainkan Dembele, semua orang menanyakan dia. Kini kebalikannya, dia bermain dan Coutinho tidak," ujar Valverde seperti dilansir Marca.

Usai diboyong dari Liverpool Januari lalu, Coutinho tampil bagus usai mengemas 10 gol dari 22 penampilan untuk membawa Los Cules meraih dobel gelar di La Liga dan Copa del Rey. Sayang di awal musim ini, penurunan drastis justru dialami Coutinho hingga mengalami kesulitan.

Playmaker asal Brasil itu baru sekali jadi starter dalam lima laga terakhir. Total dari 24 penampilan di seluruh kompetisi, Coutinho baru bikin enam gol dan empat assist dengan total waktu bermain 1.559 menit atau sekitar 64 menit per laga. Jelas itu bukan statistik oke bagi Coutinho, yang berlabel pemain termahal Barcelona.

Alhasil, masa depan Coutinho mulai dispekulasikan setelah beberapa klub seperti Paris St-Germain, Manchester United, Manchester City, dan bahkan Liverpool dikabarkan tertarik. Barca disebut ingin menggunakan uang penjualan Coutinho untuk memulangkan Neymar ke Camp Nou. Terkait performa buruk Coutinho musim ini dan kelangsungan kariernya di Barca, Valverde hanya bisa menyarankan si pemain untuk lebih berusaha saat berlatih dan juga bermain.

"Para pemain harus bekerja keras untuk mengubah itu semua. Dia tidak bahagia memang, dia harus berusaha keras, tapi semua pemain punya kesempatan main dan Coutinho sudah memberikan banyak hal untuk kami. Dia akan memberi lebih lagi untuk kami kok," kata dia.

Coutinho bermain penuh menghadapi Levante di leg I babak 16 besar Copa del Rey Jumat dini hari WIB tadi. Meski bikin gol, Barca kalah 1-2.

 


(Andika Primasiwi, DS/CN26)