• KANAL BERITA

Juara Tambangan Cup Berpeluang ke Thailand

32 Tim Berpartisipasi

TEMU TEKNIK: Perwakilan 32 tim SSB se-Jateng dan DI Yogyakarta berfoto bersama usai melakukan temu teknik di ruang pertemuan joglo Kelurahan Tambangan, Kecamatan Mijen. (suaramerdeka.com / M Alfi Makhsun)
TEMU TEKNIK: Perwakilan 32 tim SSB se-Jateng dan DI Yogyakarta berfoto bersama usai melakukan temu teknik di ruang pertemuan joglo Kelurahan Tambangan, Kecamatan Mijen. (suaramerdeka.com / M Alfi Makhsun)

SEMARANG , suaramerdeka.com - Sebanyak 32 tim Sekolah Sepak Bola (SSB) dari beberapa kota dan kabupaten di Jawa Tengah-DI Yogyakarta, siap bersaing menjadi yang terbaik di dua kategori kelompok usia di turnamen Tambangan Cup 2019 pada 12-13 Januari mendatang. Tim juara di event  yang digelar di lapangan Tambangan Kecamatan Mijen, Kota Semarang ini, berpeluang mengikuti seleksi menuju  training camp  di Thailand pada April mendatang.

Direktur Bembie Sport, Laily Kusuma mengatakan pihaknya selaku penyelenggara turnamen, sudah menjalin kerja sama dengan sebuah komunitas SSB di Asia Tenggara dan Australia bernama South East Asia Football Talent (SEA-FT ). Dijelaskan lebih lanjut, SEA-FT telah memberikan kuota seleksi bagi juara Tambangan Cup yang diadakan perwakilan mereka di Indonesia pada tahun ini.

''Dengan adanya kerja sama dengan SEA-FT ini, kami berharap tim-tim yang bertanding bisa semakin semangat dan menunjukkan kualitas mereka. Sebab, yang terbaik dan punya kualitas nantinya akan mampu bersaing menghadapi lawan dari perwakilan Asia Tenggara,'' kata Laily kemarin.

Terkait penyelenggaraan Tambangan Cup 2019, Ketua Panitia Pelaksana, Wahyu Joko Waluyo menambahkan, panitia telah menyelesaikan tahapan pengundian, jadwal, dan temu teknik yang dilakukan di ruang pertemuan joglo Kelurahan Tambangan, Sabtu (5/1) lalu. Tercatat, sebanyak 32 tim dalam dua kelompok umur yakni KU-12 dan KU-10 akan bersaing. 

Setiap KU, ada empat grup yang akan memulai turnamen dengan melakoni babak penyisihan. Baru setelah itu, kejuaraan berlanjut ke sistem gugur hingga final. ''Untuk KU-12 akan bertanding pada Sabtu (12/1) nanti. Sementara KU-10 bertanding sehari setelahnya, Minggu (13/1),'' jelas Wahyu.

Beberapa tim kuat ikut berpartisipasi. Disebutkan pada KU-10 ada SSB IM Sukowati Sragen, SSB Remedial Grobogan, SSB MAS Jogya, dan SSB Tugumuda Semarang. Sedangkan di KU-12, akan bersaing SSB Putra Caesar Tambangan, SSB Persisac, SSB New Tugumuda, SSB Bonansa Solo, dan SSB MAS Jogya.

''Persiapan kami telah mencapai 95 persen. Terkait  screening  pemain tinggal menyisakan dua tim dari luar kota, yang akan dilakukan malam sebelum pertandingan berlangsung. Lalu terkait Izin keramaian dan lapangan juga sudah siap. Kami berharap dengan persiapan maksimal, gelaran ini akan berjalan lancar dan meriah,'' tandas Wahyu.

Sementara itu tokoh masyarakat Tambangan, Slamet Sutopo menyampaikan, masyarakat setempat sangat antusias untuk menyambut tamu-tamu peserta Tambangan Cup kali ini. ''Kami berharap, nantinya turnamen ini bisa menjadi turnamen rutin Bembie Sport di Tambangan,'' harap Slamet.


(M Alfi Makhsun/CN26/SM Network)