• KANAL BERITA

Messi Pecahkan Rekor Milik Xavi Hernandez

Foto: Dean Mouhtaropoulos/Getty Images
Foto: Dean Mouhtaropoulos/Getty Images

VALENCIA, suaramerdeka.com - Usai membawa Barcelona menang di kandang Levante, Lionel Messi berhasil memecahkan sebuah rekor milik Xavi Hernandez. Messi kini sudah mencatat 323 kemenangan di Liga Spanyol dan menjadi pemain Barca dengan jumlah kemenangan paling banyak di divisi teratas Liga Spanyol.

Messi melewati rekor yang sebelumnya dipegang Xavi, yang membukukan 322 kemenangan sebelum hengkang pada 2015. Melawat ke markas Levante, Barcelona menang telak 5-0 di mana Messi menjadi bintang dalam kemenangan telak Barca tersebut dengan terlibat dalam semua gol, yakni mencetak hat-trick dan menyumbang dua assist.

Yang istimewa, rasio kemenangan pemain Argentina itu ternyata lebih baik ketimbang Xavi. Messi mencatat 323 kemenangan dalam 432 laga atau 75% dari pertandingannya. Sementara rasio kemenangan Xavi adalah 64% karena membukukan 322 kemenangan dalam 505 pertandingan.

Rekor Messi ini bukan tidak mungkin bakal bertahan lama. Sebab pemain Barca yang masih aktif dengan jumlah kemenangan paling mendekati Messi adalah Sergio Busquets (247 kemenangan dari 327 pertandingan). Sementara itu, tambahan tiga angka dari laga itu memantapkan posisi Blaugrana di puncak klasemen dengan 34 poin.

Daftar pemain Barca dengan kemenangan terbanyak di Liga Spanyol:

Lionel Messi 323
Xavi 322
Andres Iniesta 312
Victor Valdes 269
Carles Puyol 247
Sergio Busquets 247


(Andika Primasiwi, DS/CN26)