• KANAL BERITA

Dwigol Shaqiri Bawa Liverpool Taklukkan Man United

Foto: Getty Images
Foto: Getty Images

LIVERPOOL, suaramerdeka.com - Liverpool meraih hasil maksimal usai menang 3-1 atas Manchester United dalam lanjutan Premier League di Anfield, Minggu (16/12) malam. Xherdan Shaqiri jadi bintang kemenangan The Reds lewat dua golnya, ditambah satu gol dari Sadio Mane. Satu gol MU sendiri dicetak Jesse Lingard.

Langsung menggebrak sejak menit awal laga, Liverpool tak memberikan kesempatan untuk MU mengembangkan permainan. Peluang didapat Liverpool pada menit kedua, melalui Roberto Firmino yang membentur bek MU dan berujung korner. Dua menit berselang, Romelu Lukaku mencetak gol namun dianulir karena dia sudah terjebak offside lebih dulu.

Di menit ketujuh Firmino mendapat peluang lagi tapi bola sepakannya masih bisa ditepis David De Gea. Salah sukses menyambar bola rebound namun malah melayang di atas mistar. Menit 24, Liverpool akhirnya membuka keunggulan setelah Fabinho melepas umpan ke kotak penalti lalu disambar Sadio Mane dengan sepakan dari jarak dekat tanpa bisa diantisipasi David De Gea.

Keunggulan 1-0 itu membuat Liverpool makin bernafsu menyerang pertahanan MU. Pada menit ke-27, Liverpool nyaris menggandakan keunggulan melalui sepakan Dejan Lovren memaksimalkan kemelut di depan gawang. Namun bola malah melayang jauh.

Banyak ditekan, MU malah mampu menyamakan skor di menit ke-33 usai umpan silang Lukaku dari sisi kiri, salah diantisipasi Alisson Becker, sehingga bola terlepas dan disambar Jesse Lingard untuk menjebol gawang tuan rumah. Tak ada lagi gol tercipta sehingga pertandingan babak pertama berakhir imbang 1-1.

Babak kedua berjalan, Liverpool mendapat peluang lagi di menit 51 usai Firmino melepaskan diri dari kawalan pemain MU di kotak penalti dan melepaskan sepakan yang bisa ditepis De Gea. Mane coba menyambar bola muntah namun Ashley Young sukses menghalaunya.

Menit 73, Liverpool kembali unggul, setelah Mane melepas umpan tarik dari sisi kiri yang membentur bek MU lalu jatuh di kaki Shaqiri yang melepas sepakan. Bola membentur Young dan berubah arah lalu bersarang di pojok atas gawang De Gea.

Tujuh menit berselang, pemain asal Swiss itu mencetak gol keduanya, setelah menerima umpan dari Salah, lalu melepaskan sepakan yang membentur Eric Bailly, sebelum bersarang di pojok kanan gawang De Gea. Liverpool coba menambah gol lagi tapi hingga tiga menit injury time berlalu, skor 3-1 tetap bertahan untuk kemenangan mereka.

Kemenangan ini kembali membawa Liverpool naik ke puncak klasemen dengan 45 poin, unggul satu poin atas Man City di posisi kedua. MU sendiri masih terpaku di posisi enam dengan 26 poin.

Hasil Liga Inggris:

Brighton and Hove Albion - Chelsea: 1-2
Southampton-Arsenal: 3-2

 


(Andika Primasiwi, GLCM /CN26)