• KANAL BERITA

Yoyok: 2019 PSIS Tetap Liga 1

Tahan Imbang Madura United, 2-2

RAYAKAN GOL: Duet penyerang PSIS Bruno Silva (kanan) dan Hari Nur Yulianto (kiri) merayakan gol ke gawang Madura United. (suaramerdeka.com / Media Officer PSIS)
RAYAKAN GOL: Duet penyerang PSIS Bruno Silva (kanan) dan Hari Nur Yulianto (kiri) merayakan gol ke gawang Madura United. (suaramerdeka.com / Media Officer PSIS)

BANGKALAN, suaramerdeka.com -  PSIS Semarang berhasil memastikan diri bertahan di kompetisi Liga 1. setelah mampu menahan imbang Madura United dengan skor 2-2 dalam laga pekan ke-32 Liga 1 di Stadion Gelora Bangkalan, Senin (26/11) sore. CEO PSIS Semarang, Alamsyah Satyanegara Sukawijaya secara langsung memastikan hal tersebut setelah timnya meraih satu poin di Madura. Alhasil perolehan 43 angka PSIS, tidak akan terkejar lagi dari tim penghuni zona degradasi.

''Sebenarnya poin 42 usai menang lawan Persib Bandung pekan lalu sudah aman bagi kami. Hasil imbang di Madura ini membuat kami meraih total 43 angka dan sangat aman untuk bertahan di kasta tertinggi. PSIS, 2019 tetap Liga 1,'' kata pria yang akrab disapa Yoyok Sukawi tersebut kemarin.

PSIS di pertandingan melawan Madura United sanggup mencetak gol lewat tandukan Bruno Silva di menit ke-37 dan Bayu Nugroho di menit ke-66. Adapun Madura United mampu dua kali mengejar ketertinggalan lewat tandukan dan sepakan penalti Fabiano Beltrame di menit ke-55 dan 92.

''Dua laga sisa kami akan manfaatkan untuk memperbaiki posisi di klasemen. Terutama saat menghadapi Persipura Jayapura dalam pekan ke-33 yang dilakukan di Magelang pekan depan,'' lanjut Yoyok.

Pertandingan melawan Madura United, Laskar Mahesa Jenar di awal pertandingan mendapat peluang terlebih dulu lewat kaki Ibrahim Conteh di menit ke-10. Namun, sepakan gelandang asal Sierra Leone ini belum bisa merobek gawang Madura United, berkat kesigapan kiper tuan rumah, Satria Tama di bawah mistar gawang yang melakukan halauan secara cermat.

Tak ingin kalah kualitas dari yuniornya, aksi gemilang di bawah mistar gawang juga dilakukan kiper PSIS, Jandia Eka Putra di babak pertama ini. Kiper asal Padang tersebut mampu melakukan dua kali penyelamatan di muka gawang pada menit ke-15 dan 20. 

Di menit ke-35, Madura United kembali mendapat peluang. Lagi-lagi, Jandia tampil cemerlang, dengan menghalau sepakan Slamet Nurcahyo dari luar kotak penalti. 

Keluar dari tekanan tuan rumah, PSIS di menit ke-37 berhasil mencetak gol lewat tandukan Bruno Silva memanfaatkan umpan silang Hari Nur. Momen gol ini terjadi saat wasit Nusur Fadilah (DKI Jakarta) memberikan keuntungan game on  bagi Laskar Mahesa Jenar meski sebelumnya terjadi pelanggaran pemain Madura United kepada Conteh.

Tertinggal 0-1 dari tamunya, Laskar Sapeh Kerab mencoba bangkit. Di menit ke-39 Bayu Gatra sempat menggetarkan gawang PSIS memanfaatkan bola rebound hasil sepakan bebas Greg Nwokolo yang membentur tiang gawang. Namun Bayu Gatra sudah terperangkap offside sehingga gol tersebut dianulir.  Peluang itu menjadi kesempatan emas terakhir yang terjadi di babak pertama. PSIS sementara unggul 1-0 atas Madura FC hingga turun minum.

Di babak kedua, skuad asuhan Gomes de Oliviera mencoba bangkit. Alhasil, di menit ke-55 Madura United mampu menyamakan kedudukan lewat tandukan Fabiano Beltrame memanfaatkan umpan sepakan bebas Slamet Nurcahyo dari sisi kanan PSIS. Skor 1-1 kembali membuat pertandingan antar kedua tim memanas.

Menjawab gol Madura United, PSIS kembali unggul kedua kalinya lewat kaki Bayu Nugroho di menit ke-66. Mantan pemain Persis Solo ini memanfaatkan umpan Bruno dengan kondisi tidak terkawal di dalam kotak penalti tuan rumah.

Di menit ke-68, Madura United memiliki kesempatan untuk menyamakan kedudukan. Alfath Fathier yang dijatuhkan Bayu Nugroho membuat tuan rumah mendapat sepakan bebas di depan gawang. Namun, eksekusi Greg bisa diamankan Jandia kali ini. Hal yang sama dilakukan Jandia di menit ke-73 yang mengamankan sepakan bebas Milad Zeneyedpour.

Di menit ke-86, Madura United mendapatkan tendangan penalti setelah Jandia berusaha menghalau bola yang dikuasai Greg di dalam kotak 16 meter. Protes dilakukan pemain PSIS kepada wasit di momen ini hingga menit ke-91. 

Setelah tim tamu legawa, Kapten Madura United, Fabiano Beltrame menghadapi tendangan penalti. Bek asal Brasil ini berhasil menyamakan kedudukan di menit ke-92 lewat tendangannya di sudut kanan atas Jandia, sekaligus mencetak gol keduanya di laga tersebut. Skor 2-2 ini bertahan hingga akhir pertandingan. Hasil ini membuat PSIS masih tertahan di peringkat ke-12 dengan 43 poin. Sementara itu, Madura United naik ke peringkat ketujuh dengan koleksi 45 angka.


(M Alfi Makhsun/CN26/SM Network)