• KANAL BERITA

Ditahan Sporting, Arsenal Tetap Melaju ke 32 Besar Liga Europa

Foto: Getty Images
Foto: Getty Images

LONDON, suaramerdeka.com - Arsenal memastikan diri melangkah ke babak 32 besar Liga Europa kendati hanya bermain imbang 0-0 kala menjamu Sporting Lisbon di Emirates Stadium, Jumat (9/11) dini hari WIB di matchday 4.

Main di kandang sendiri, Arsenal nyaris kebobolan usai Matteo Guendouzi kehilangan bola di area kotak penalti sendiri lalu coba dimaksimalkan Nani dengan sepakannya namun masih bisa diblok dan bola diamankan. Menit 17, Arsenal mendapat peluang kala umpan silang Guendouzi dari kanan disontek Danny Welbeck namun membentur Jeremy Mathieu dan bergulir ke arah gawang kosong, sebelum disapu Sebastian Coates tepat di depan garis.

Umpan silang Stephan Lichtsteiner dari kanan disundul Welbeck pada menit ke-25 namun tepat mengarah ke kiper Sporting, Renan Ribeiro. Arsenal terus menekan, tapi Sporting menahan mereka dengan baik di sisa waktu babak pertama. Tak ada gol tercipta sampai turun minum.

Di babak kedua, Arsenal langsung mengancam setelah umpan silang Henrikh Mkhitaryan disambar sepakan voli Aubameyang, yang masih tipis saja di samping gawang. Aubameyang kembali mendapatkan peluang pada menit 58, usai menuntaskan operan dari Alex Iwobi namun sepakannya melayang.

Mkhitaryan mendapatkan kesempatan di menit ke-80. Hanya saja tembakannya terlalu lemah sehingga mudah diamankan Ribeiro. Sporting harus bermain dengan 10 orang sejak menit ke-87. Berawal dari umpan ceroboh Bruno Fernandes, bola direbut Aubameyang yang dalam posisi bebas menghadapi gawang lalu diganjal Jeremy Mathieu. Aksi Mathieu itu berbuah kartu merah dari wasit.

Dari tendangan bebas yang dihasilkan, sepakan Aubameyang cuma melambung. Sampai pertandingan usai, tak ada juga gol yang tercipta.  Meski cuma bermain imbang, Arsenal sudah memastikan diri lolos. Memimpin Grup E dengan 10 poin dari empat laga, skuat besutan Unai Emery ini unggul tiga poin dari Sporting di posisi dua. Arsenal sudah takkan terkejar lagi oleh Vorskla Poltava dan Qarabag di posisi tiga dan empat yang sama-sama mengoleksi tiga poin, dengan dua laga tersisa.

 


(Andika Primasiwi, GLCM /CN26)