• KANAL BERITA

Indonesia Ingin Cetak Rekor

AFF Futsal Championship 2018

BERPELUKAN: Pemain Timnas Futsal Indonesia Al Fajri Zikry berpelukan dengan rekan-rekan satu timnya. (suaramerdeka.com / Gading Persada)
BERPELUKAN: Pemain Timnas Futsal Indonesia Al Fajri Zikry berpelukan dengan rekan-rekan satu timnya. (suaramerdeka.com / Gading Persada)

SLEMAN, suaramerdeka.com - Thailand selalu jadi momok bagi Indonesia. Tak terkecuali di futsal. Baik level klub dan juga tim nasional (timnas), melawan tim Gajah Putih, Indonesia selalu saja kesulitan.

Namun, Jumat (9/11) siang, hal tersebut coba didobrak Timnas Futsal Indonesia yang akan menghadapi Thailand pada babak semifinal AFF Futsal Championship 2018 di GOR Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Sleman. “Lawan yang berat tapi harus kami hadapi dan kami ingin bisa lolos ke final,” kata pelatih Timnas Futsal Indonesia, Kensuke Takahashi, kemarin.

Indonesia yang berstatus sebagai tuan rumah maju ke semifinal sebagai runner-up Grup A di bawah Malaysia. Sementara Thailand kukuh di Grup B dengan meraih tiga kemenangan, di atas Vietnam yang menduduki posisi kedua.

Menghadapi Thailand, Kensuke pun mengaku sudah menyiapkan berbagai rencana strategi untuk laga itu dan optimistis tim asuhannya bisa melangkah lebih jauh jika melihat perkembangan performa Andriansyah Runtuboy dan kolega selama ini. “Saya sudah menyiapkan berbagai macam taktik. Kalau pemain bisa mengaplikasikan di lapangan, bisa membuka sedikit kemungkinan untuk juara,” jelas pria berpaspor Jepang itu.

Menurut dia, Thailand tim dengan segudang pengalaman di turnamen dan berkualitas. Itulah mengapa, butuh kerja keras 100 persen dari semua elemen tim. Apalagi Timnas Futsal Thailand mulai bermain dengan gaya Spanyol sesuai dengan keinginan pelatih. “Tim itu cukup bagus dengan pelatih dari Spanyol. Jika dilihat taktik, akan banyak ke futsal model Eropa,” jelas dia.

Sang pelatih menambahkan, di level Asia Tenggara, Thailand memiliki banyak pengalaman di kompetisi futsal. Hal ini lah yang tidak didapatkan Indonesia, hingga bahkan pemain-pemain Futsal Indonesia masih saja kerap melakukan kesalahan mendasar. “Kami harus maksimal dalam mengaplikasikan latihan di lapangan. Penting untuk kami tidak mengulangi kesalahan kecil dalam pertandingan melawan mereka,” tandas dia.


(Gading Persada /CN26/SM Network)