• KANAL BERITA

Pesta Gol, Indonesia Lolos ke Empat Besar

AFF Futsal Championship 2018

TENDANG BOLA: Pemain Timnas Futsal Indonesia M Subhan Faidasa menendang bola dibayangi pemain-pemain Kamboja. (suaramerdeka.com / Gading Persada)
TENDANG BOLA: Pemain Timnas Futsal Indonesia M Subhan Faidasa menendang bola dibayangi pemain-pemain Kamboja. (suaramerdeka.com / Gading Persada)

SLEMAN, suaramerdeka.com - Pesta gol 13-0 ke gawang Tim Nasional (Timnas) Futsal Kamboja, siang tadi, membawa Indonesia ke fase empat besar AFF Futsal Championship 2018 menyusul Malaysia yang sudah terlebih dahulu lolos sehari sebelumnya. Atas hasil ini menempatkan Indonesia di posisi runner-up Grup A dengan nilai 6 di bawah Malaysia sebagai pemuncak klasemen poin yang menyapu seluruh laga dengan kemenangan.

“Melewati babak grup ini cukup sulit dan kami tidak bisa berhasil tanpa dukungan semuanya,” jelas arsitek Timnas Futsal Indonesia Kensuke Takahashi usai timnnya meraih kemenangan atas Kamboja, Rabu (7/11).

Hanya membutuhkan hasil seri seiring takluknya Myanmar dari Malaysia, 2-3, di laga sebelumnya, Indonesia tak hilang semangat saat melawan Kamboja di GOR UNY, Sleman. Tuan rumah langsung membuka keunggulan saat laga baru menginjak tiga menit lewat Al Fajri Zikry. 

Namun, setelah gol ini, permainan menyerang Indonesia sedikit terhambat dengan sulitnya membongkar pertahanan rapat Kamboja. Mereka harus menunggu tujuh menit untuk bisa menambah keunggulan. Adalah Andriansyah 'Runtuboi' yang menjadi pembeda. Masuk menit 10 Runtuboi memberi andil gol kedua Indonesia. Mengirimkan umpan matang ke Bambang Bayu Saptaji di menit 11, Indonesia pun mampu menggandakan keunggulan menjadi 2-0.

Setelah itu Indonesia membuka kran golnya ke gawang Kamboja lewat dua gol Syauqi Saud (15' dan 19') dan M Subhan Faidasa (13' dan 20'), serta Andriansyah 'Runtuboi' sendiri lewat akselerasinya melewati beberapa pemain yang diakhiri mengolong kiper lawan di menit 18'. Indonesia menang 7 gol tanpa balas di babak pertama.

Usai rehat, Indonesia masih belum terbendung. Bahkan pelatih Kensuke Takahashi berani memasukkan pemain-pemain yang pada dua laga sebelumnya tidak memiliki menit bertanding yang cukup. Termasuk memasukkan dua kiper cadangannya. Meski Kamboja sesekali berani menekan pertahanan Timnas Futsal Garuda, namun tetap saja kendali permainan dipegang tuan rumah.

Di paruh ini Indonesia pun mencetak enam gol tambahan melalui Al Fajri Zikry (22’), Randy Satria (26’), Rio Pangestu (31’), Marvin Alexa (36’), Aditya Muhammad Rasyid (39’) dan diakhiri gol Fhandy Permana saat laga tersisa tiga detik. Indonesia menang 13 gol tanpa balas. “Lawan kami di semifinal (Thailand/Vietnam) sama-sama tim kuat. Mereka kekuatan futsal di Asia Tenggara saat ini,” tambah Kensuke.

Juru taktik Timnas Futsal Kamboja Phon Sophanara menganggap Indonesia sebagai salah satu tim favorit juara. “Indonesia bermain sangat baik. Kami menjagokan mereka ke final,” tandas dia.


(Gading Persada /CN26/SM Network)