• KANAL BERITA

Indonesia Rebut Kemenangan Perdana

AFF Futsal Championship 2018

SELEBRASI: Pemain Timnas futsal Indonesia melakukan selebrasi usai membobol gawang Timnas futsal Myanmar di laga fase grup pertama AFF Futsal Championship 2018, di GOR UNY Yogyakarta, Senin (5/11). (suaramerdeka.com / Dananjoyo Kusumo)
SELEBRASI: Pemain Timnas futsal Indonesia melakukan selebrasi usai membobol gawang Timnas futsal Myanmar di laga fase grup pertama AFF Futsal Championship 2018, di GOR UNY Yogyakarta, Senin (5/11). (suaramerdeka.com / Dananjoyo Kusumo)

SLEMAN, suaramerdeka.com - Tim Nasional (Timnas) Futsal Indonesia mengawali petualangannya di ajang AFF Futsal Championship 2018 dengan mulus. Di partai perdana, siang tadi, skuat Garuda sukses mengalahkan Myanmar, 5-1 pada laga perdana Grup A di Gedung Olahraga (GOR) Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) Sleman, Senin (5/11).

“Bahagia. Banyak orang di sini, para suporter juga mendukung kami di tempat yang luar biasa ini. Saya sangat bangga pemain bisa mengeluarkan kemampuan terbaik mereka,” papar juru taktik Timnas Futsal Indonesia Kensuke Takahashi usai laga.

Kensuke dibuat takjut dengan dukungan yang diberikan suporter kepada anak asuhnya. Kapasitas venue yang mampu menampung sekitar enam hingga tujuh ribu orang pun terasa penuh sesak. Hal ini seakan menjadi sebuah jawaban dari keinginan Kensuke sehari sebelumnya saat sesi jumpa pers yang menginginkan banyak suporter datang ke stadion mendukung Timnas Indonesia.

Mengawali laga, skuat terbaik pun diturunkan sang pelatih dengan komposisi kapten tim Sunny Rizky Suhendra, Iqbal Iskandar, Andri Kustiawan, Bambang Bayu Saptaji, serta penjaga gawang Nazil Purnama. Menit keempat, pemain senior Bambang Bayu Saptaji membuka keunggulan Indonesia lewat sepakan keras mendatarnya. Perombakan dilakukan usai gol cepat dari Bayu Saptaji dengan menurunkan  Aditya Muhammad, Marvin Alexa dan Subhan Faidasa.

Asyik menyerang, pemain Indonesia lupa bertahan. Kelengahan tersebut dimanfaatkan dengan baik oleh Hlaing Min Tun untuk menyamakan kedudukan menjadi 1-1. Myanmar pun mulai bangkit. Beberapa kali mengancam gawang Indonesia melalui skema seramgan balik cepat. Beruntung penyelesaian akhirnya masih buruk.

Indonesia kembali unggul menit ke-14, melalui sontekan Andrew usai menerima umpan dari Iqbal. Empat menit berselang Indonesia memperlebar keunggulan usai Marvin Alexa tanpa kesulitan menaklukkan penjaga gawang Myanmar memanfaatkan umpan Sauqy. Sebelum jeda, Bayu mencetak gol keduanya untuk menutup babak pertama, 4-1.

Di awal babak kedua Indonesia sukses menambah pundi-pundi golnya melalui Andri Kustiawan lewat set piecenya. Indonesia sukses mengamankan keunggulan 5-1 yang bertahan hingga akhir pertandingan. Kemenangan ini sekaligus mematahkan catatan buruk Indonesia dan juga membalas kekalahan yang diterima di ajang serupa kontra Myanmar setahun silam di Vietnam.

“Ada tiga hal yang dibenahi, disiplin, stamina, dan strategi. Kami bermain kolektif secara tim. Agak sedikit ragu awalnya, tapi melihat kemampuan pemain di lapangan saya beri apresiasi karena mereka sudah bekerja keras,” jelas Kensuke.

Saat ini Indonesia berada di posisi kedua menempel ketat Malaysia dengan poin yang sama berbeda selesih gol. Malaysia yang akan jadi lawan selanjutnya Indonesia siang nanti, kemarin berhasil mengatasi perlawanan Timnas Kamboja sepuluh gol tanpa balas. “Kami lihat rekaman pertandingan Malaysia untuk menganalisa kekuatan mereka. Hasil pertandingan hari ini tidak berpengaruh pada pertandingan besok, tim kami akan tetap berusaha untuk meraih kemenangan,” tandas arsitek asal Jepang tersebut.


(Gading Persada /CN26/SM Network)