• KANAL BERITA

Timnas Indonesia Ingin Dukungan Suporter

AFF Futsal Championship 2018

Foto: suaramerdeka.com / dok
Foto: suaramerdeka.com / dok

SLEMAN, suaramerdeka.com - Petualangan Indonesia pada AFF Futsal Championship 2018 akan dimulai, Senin (5/11). Bertindak sebagai tuan rumah, Indonesia akan memanfaatkan kesempatan tersebut untuk meraih hasil maksimal. Salah satunya dengan dukungan banyak suporter agar berbondong-bondong datang ke venue ajang yang berlangsung di GOR UNY, Sleman, 5-11 November ini.

Soal dukungan suporter bukannya tanpa alasan. Apalagi hal ini diutarakan langsung pelatih kepala Timnas Futsal Indonesia Kensuke Takahashi saat jumpa pers, siang tadi. Pria berpaspor Jepang itu menganggap futsal banyak kaitannya dengan perang mental. "Futsal adalah olahraga mentalitas dan itu berpengaruh besar. Kami di Indonesia akar mentalnya kuat dan ada suporter yang jadi kekuatan untuk para pemain," papar Kensuke, Minggu (4/11).

Menargetkan sejak awal lolos terlebih dahulu dari penyisihan grup, Kensuke pun sudah menentukan pemain pilihan. Nama wonderkid di Piala AFF Futsal 2017 seperti Syauqi Saud, Ardiansyah Runtuboy, dan M Iqbal masih menjadi pilihan. Mereka akan bahu membahu dengan pemain senior macam Bambang Bayu Saptaji dan Randy Satria.

"Kami ada pemain muda dan tua, tapi itu tadi futsal adalah tentang mental. Tentang semangat dan kali ini kami juga memanggil sejumlah pemain yang sudah berpengalaman," jelasnya.

Tergabung di Grup A, langkah skuat Garuda sendiri akan diawali kontra Timnas Futsal Myanmar besok siang. Setelah itu lawan kuat sekaligus runner-up ajang ini tahun 2017, Malaysia, sudah menunggu untuk dihadapi esok hari (6/11). Terakhir, giliran Timnas Futsal Kamboja yang akan dilawan Indonesia di laga pamungkas grup sehari berikutnya (7/11).

Khusus Timnas Futsal Malaysia, sepertinya akan jadi momok tersendiri bagi tuan rumah. Apalagi di tim besutan Chiew Chun Yong itu terselip satu nama pemain yakni Khairul Effendy. Khairul yang jadi pilar Timnas Malaysia diketahui punya kualitas di atas rata-rata yang berbuah mengantarkan negaranya meraih perak SEA Games 2017. Pemain di posisi flank itu diketahui juga mantan andalan kontestan Pro Futsal League 2018 SKN Kebumen FC yang disinyalir sedikit paham soal futsal Indonesia.

"Untuk persiapan yang saya tahu kekuatan Malaysia dan Myanmar. Sekitar tiga minggu kemarin saya melihat video pertandingan mereka dan melakukan analisa. Kami sudah melihat mereka dan kami optimistis bisa menang," tegas dia.


(Gading Persada /CN26/SM Network)