• KANAL BERITA

Perbanas Jakarta Juara Mizuno University Futsal Tournament 2018

ANGKAT TROFI:  Para pemain tim Futsal Perbanas Jakarta mengangkat trofi juara usai memenangkan Mizuno University Futsal Tournament (MUFT) 2018. (suaramerdeka.com / Gading Persada)
ANGKAT TROFI: Para pemain tim Futsal Perbanas Jakarta mengangkat trofi juara usai memenangkan Mizuno University Futsal Tournament (MUFT) 2018. (suaramerdeka.com / Gading Persada)

YOGYAKARTA, suaramerdeka.com - Tim futsal Perbanas Jakarta tampil perkasa setelah menahbiskan diri sebagai yang terbaik pada Mizuno University Futsal Tournament (MUFT) 2018.

Di babak pamungkas, tim futsal ibu kota itu sukses mengalahkan Universitas Islam Nusantara (Uninus) Bandung 3-1 (1-1) pada final di Lapangan Jogokaryan Kota Jogja, Sabtu (3/11) malam. "Kalau saya tidak terlalu memprediksi hasil ini karena penampilan setiap tim di babak grand final saya nilai bagus," ujar pelatih Perbanas Jakarta, Vennard Hutabarat usai laga.

Meski anak asuhnya mampu menang 3-1 di laga pamungkas, Vennard menyebut timnya dinaungi keberuntungan. "Kemenangan tadi mungkin karena kesiapan strategi dan membaca strategi lawan. Tim kami kebobolan dulu, dan saya push anak-anak untuk lebih konsentrasi," kata mantan kapten Tim Nasional (Timnas) Futsal Indonesia itu.

Tim futsal Perbanas sendiri melaju ke final setelah menyisihkan tuan rumah Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) Sleman dan Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Ampel Surabaya. Dengan sistem setengah kompetisi. Tim yang menduduki peringkat teratas dan runner up bertemu di laga puncak.

Laga pamungkas sendiri berjalan sengit dan menarik. Mendominasi jalannya pertandingan, Perbanas justru dikagetkan oleh gol Uninus melalui Dery yang diplot sebagai pivot. Jelang akhir babak pertama, upaya Perbanas akhirnya berbuah gol melalui sepakan keras sang kapten, Arif Rachman Hagi.

Di babak kedua kendali permainan masih dipegang Perbanas Jakarta. Benar saja, kelengahan pemain Uninus mampu dimanfaatkan Luthfi untuk membawa Perbanas berbalik unggul. Alih-alih menyamakan kedudukan melalui strategi openplay, Uninus justru harus kembali kebobolan jelang akhir babak kedua. Lagi-lagi Luthfi yang sukses menceploskan bola ke gawang Uninus yang tanpa kawalan penjaga gawang.

"Kami sempat kesulitan di awal pertandingan karena tim lawan memainkan strategi memasang pivot atau pemain yang berperan seperti penyerang. Strategi ini belum kami temui di babak sebelumnya, dan puji Tuhan kita bisa menang," tambah Vennard.

Adapun penghargaan terbaik diraih oleh Hagi (Perbanas Jakarta). Sementara gelar top scorer atau pencetak gol terbanyak diraih oleh Yan Ariefta Swadanda (UIN) Sunan Ampel Surabaya dengan total enam gol.


(Gading Persada /CN26/SM Network)