• KANAL BERITA

UNY Langsung Bersua Lawan Tangguh

Foto: suaramerdeka.com / dok
Foto: suaramerdeka.com / dok

YOGYAKARTA, suaramerdeka.com - Tuan rumah Tim Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) langsung bersua lawan tangguh pada partai perdana mereka di ajang Grand Final turnamen futsal Mizuno University Futsal Tournament (MUFT) 2018. Bermain di Lapangan Futsal Jogokrayan, Kota Jogja Sabtu (3/11), UNY bertemu langsung Universitas Islam Nusantara (Uninus) Bandung.

"Lawan kuat sejatinya tim Perbanas Institute Jakarta. Kami tak bertemu mereka untungnya, tapi malah bertemu tim kuat lainnya Uninus Bandung di laga pertama," tutur pelatih tim futsal UNY, Hajarul Sasanto, Jumat (2/11).  

Usai menghadapi Uninus, tim UNY baru menghadapi Perbanas Jakarta dan setelah itu lawan Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Ampel Surabaya. Dengan sistem setengah kompetisi, setiap tim saling bertemu dalam satu hari. Ini berarti mereka akan tiga kali bertanding dan bila lolos ke final, tim dipastikan melakoni empat pertandingan. Tim yang menduduki peringkat teratas dan runner up bertemu di laga puncak.

"Yang jelas kami harus bisa mengatur tenaga dan melakukan rotasi pemain dengan baik agar permainan tim tetap terjaga konsistensinya. Tak masalah bila bertanding sampai empat kali, termasuk di final. Apalagi kami juga pernah lho bermain lima kali dalam satu hari," ungkapnya.

Terkait lawan pertamanya itu, Hajarul mengaku anak asuhnya pernah bertemu tim tersebut di sebuah turnamen. Diakuinya tim dari Jawa Barat memiliki keunggulan individu dan taktik. "Mereka unggul dari segi taktital. Berbeda dengan tim Jawa Timur yang bermain cepat dan keras. Kami sudah mengantisipasinya," kata dia.

Adapun Manajer Uninus Dini Asri menuturkan timnya mewaspadai UNY yang dipastikan mendapat dukungan dari suporter karena statusnya tuan rumah. "Semua lawan tak bisa dianggap remeh. Dan kami mewaspadai UNY yang menjadi lawan pertama kami. 

Di tahun ini, Grand Final MUFT diikuti empat tim juara regional. Kehadiran MUFT juga diharapkan makin menumbuhkan kegairahan futsal di kalangan mahasiswa. Bahkan event ini berpeluang menjadi wadah pencarian bakat bagi klub-klub Liga Futsal Profesional. Apalagi tak sedikit pemain liga yang berstatus mahasiswa.


(Gading Persada /CN26/SM Network)