• KANAL BERITA

Jadi Tuan Rumah, UNY Targetkan Juarai Mizuno University Futsal Tournament 2018

FOTO TIM: Wakil dari DIY, Tim Futsal UNY, melakukan foto tim pada ajang final Mizuno University Futsal Tournament (MUFT) edisi 2017 lalu. (suaramerdeka.com / dok)
FOTO TIM: Wakil dari DIY, Tim Futsal UNY, melakukan foto tim pada ajang final Mizuno University Futsal Tournament (MUFT) edisi 2017 lalu. (suaramerdeka.com / dok)

SLEMAN, suaramerdeka.com - Bertindak sebagai tuan rumah, tim Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) menargetkan juara di kejuaraan Mizuno University Futsal Tournament (MUFT) 2018. Meski menghadapi persaingan yang ketat, namun UNY optimistis meraih tropi juara pada even yang bakal berlangsung di arena Jogokaryan, Yogyakarta, Sabtu (3/10) akhir pekan ini.

“Kami menargetkan juara. Selain sudah melakukan persiapan matang, kami juga tampil di Yogyakarta. Kami akan mendapat dukungan penuh dari suporter dan kami harus memanfaatkannya,” kata pelatih tim futsal UNY, Hajarul Susanto, Selasa (30/10).

Dia mengungkapkan persaingan di Grand Final MUFT 2018 bakal ketat. Hajarul pun tidak hanya memperhitungkan wakil dari regional DKI Jakarta, Perbanas Jakarta, tetapi juga Universitas Islam Negeri (UIN) Surabaya dan Universitas Islam Nusantara (Uninus) Bandung.

“Persaingannya ketat. Di antara empat tim yang berlaga di Grand Final, Perbanas Jakarta merupakan pesaing terberat. Tetapi bukan berarti kami meremehkan tim-tim lain. Mereka yang lolos Grand Final sudah membuktikan sebagai yang terbaik di regionalnya,” ujar dia.

Hajarul menambahkan bila persiapan tim sedikit terkendala karena tidak semua pemain bisa menjalani latihan bersama. Beberapa di antaranya harus memperkuat daerahnya di Pekan Olah raga Provinsi (Porprov). Adapun pemain yang memperkuat klub liga harus menjalani pemusatan latihan karena kompetisi Liga Futsal Profesional akan digulirkan.

“Ada pemain kami yang memperkuat Vamos Mataram di musim kompetisi mendatang. Dia mungkin agak sulit bergabung karena masih memperkuat klubnya di turnamen Piala Gubernur Kaltim. Sedangkan Antono Cahyo yang memperkuat SKB Kebumen berpeluang untuk tampil di MUFT,” ungkapnya.

Terpisah, Pelatih Perbanas Vennard Hutabarat mengakui dirinya belum memiliki gambaran dari tiga tim pesaingnya di MUFT. Dia juga menepis anggapan bila Perbanas merupakan tim unggulan.

“Bila Perbanas menjadi unggulan, ini bisa menjadi bumerang. Tim-tim akan termotivasi mengalahkan kami. Dari segi tim, kami memang diperkuat tiga atau empat pemain dari Liga Futsal Profesional. Tetapi itu bukan jaminan karena yang menentukan adalah bagaimana strategi di lapangan dan totalitas pemain di pertandingan,” sambung Vennard.

“Terus terang kami belum memiliki gambaran kekuatan lawan. Hanya di level mahasiswa sesungguhnya kekuatan tim sangat merata. Meski demikian, kami tentu menargetkan juara di Grand Final ini,” tandas mantan pemain timnas futsal ini.


(Gading Persada /CN26/SM Network)