• KANAL BERITA

Melepas Ronaldo Sebuah Kesalahan Besar Real Madrid

Foto: Matteo Gribaudi / Images Sport
Foto: Matteo Gribaudi / Images Sport

MADRID, suaramerdeka.com - Keputusan Real Madrid melepas Cristiano Ronaldo mendapat kecaman dari eks presiden mereka, Ramon Calderon. Maklum Madrid kesulitan mencetak gol usai Ronaldo hengkang ke Juventus.

"Saya pikir melepas Ronaldo sejauh ini adalah sebuah kesalahan besar, sebuah kesalahan bersejarah yang sulit dipahami, dan tanpa pengganti! Tidak mungkin menemukan seorang pengganti pemain seperti Ronaldo, jadi itu adalah sebuah kesalahan besar," cetus Calderon dalam wawancaranya dengan  ESPNFC.

Selama di Madrid, Ronaldo adalah salah satu figur terpenting Madrid dalam menggondol empat trofi Liga Champions, dalam lima tahun terakhir. Selama sembilan musim, Ronaldo sukses mencetak 450 gol untuk Los Blancos. Musim panas lalu, bintang sepak bola Portugal itu dilego Madrid ke Juventus dengan tebusan 100 juta euro.

Awalnya, Madrid seperti tak mendapat masalah sepeninggal Ronaldo meski sempat ditekuk Atletico Madrid di Piala Super Eropa. Namun, sejak kemenangan tipis atas Espanyol 1-0, Madrid justru jeblok dan puasa kemenangan di lima pertandingan berikutnya, termasuk menderita empat kekalahan.

Bahkan buruknya, Madrid sempat melempem di depan gawang selama delapan jam. Laju yang membuat Madrid dianggap merindukan Ronaldo. Calderon mencetuskan ide mendatangkan Ronaldo ke Madrid sebelum mundur pada 2009, sekalipun si pemain baru datang usai Florentino Perez berkuasa. Menurut Calderon, laju buruk Madrid diperparah karena tidak adanya pengganti sepadan Ronaldo.

"Kalau Anda melihat EUR 100 juta yang kami terima telah dibelanjakan untuk dua pemain: satu di Brasil, Rodrygo, dan yang lain [Vinicius Jr] bermain di Castilla [tim reserved Madrid], itu adalah sesuatu yang aneh," kata Calderon

Setelah mencetak 21 gol untuk Lyon di 2017/18, Mariano dipulangkan Madrid. Penyerang berusia 25 tahun itu mewarisi nomor seragam 7, yang sebelumnya dikenakan Ronaldo. Namun begitu, di musim ini Mariano baru mencetak satu gol dalam 10 penampilan. "Saya punya semua hormat untuk Mariano, tapi sekarang dia punya banyak hal untuk diperlihatkan sampai dia mencapai level Cristiano," sambung Calderon.

 


(Andika Primasiwi, DS/CN26)