• KANAL BERITA

Kompetisi Antarklub Ketiga Bakal Digelar UEFA

Foto: UEFA.com
Foto: UEFA.com

SPLIT, suaramerdeka.com - Mulai musim 2021/2022, UEFA bakal menggelar kompetisi antarklub ketiga, selain Liga Champions dan Liga Europa.  Meski demikian, rencana menyelenggarakan kompetisi baru itu masih menuggu persetujuan.

"Lampu hijau telah diberikan. Meski begitu, model kompetisinya saat ini masih harus dimodernisasi. Masih diperlukan penilaian terperinci terkait kalender pertandingan internasional, sebelum mengajukan model kompetisi baru pasca 2024," ujar Andrea Agnelli, presiden Juventus sekaligus anggota komite eksekutif UEFA dan Chairman European Club Association (ECA) dalam sidang umum ECA di Kroasia, yang dilansir BBC.

Kompetisi baru ini, kata Agnelli akan meningkatkan jumlah klub yang akan tampil dalam sepakbola Eropa, dari 80 menjadi 96 klub. Rencananya, 32 klub bakal mengikuti kompetisi ini sama seperti Liga Champions. Kontestan Liga Europa yang semula berjumlah 48 klub, akan dikurangi sehingga menjadi 32 klub.

Sebelumnya pernah ada Piala Winners, kompetisi untuk para juara piala domestik sebelum dihentikan sejak 1999.  "Kami masih terus mereview format dari kompetisi tersebut dan melihat opsi-opsi yang ada," ungkap pernyataan dari UEFA.


(Andika Primasiwi, DS/CN26)