• KANAL BERITA

Kekuatan Mental Prancis Dipuji Deschamps

Foto: Shaun Botterill / Getty Images
Foto: Shaun Botterill / Getty Images

MOSKOW, suaramerdeka.com - Kekuatan mental Prancis mendapat pujian dari sang pelatih, Didier Deschamps. Menurutnya, hal tersebut menjadi salah satu kunci keberhasilan Prancis menjuarai Piala Dunia 2018. Menurut Deschamps, itu jadi salah satu

"Sumber kebanggaan terbesar saya dari tim ini adalah mereka punya kondisi pikiran yang tepat untuk turnamen seperti ini. Saya ulang sepanjang waktu: jangan menyerah, jangan pernah menyerah," ujar Deschamps seperti dikutip situs resmi FIFA.

Prancis yang tampil dengan skuat muda sukses menjuarai Piala Dunia 2018 usai 4-2 atas Kroasia dalam pertandingan final di Luzhniki Stadium, Minggu (15/7) malam WIB. Prancis sebenarnya dibuat kerepotan dengan serangan-serangan cepat Kroasia. Pada akhirnya gol bunuh diri Mario Mandzukic dan penalti Antoine Griezmann membawa mereka unggul di babak pertama.

Di babak kedua, Prancis melebarkan keunggulan lewat gol Paul Pogba pada menit 59, lalu ditambah oleh Kylian Mbappe. Namun Prancis juga bukan tanpa cela. Hugo Lloris sempat melakukan kesalahan yang berujung gol Mario Mandzukic di menit ke-69.

Performa Prancis di final diakui Deschamps tak sempurna. Namun, Antoine Griezmann dkk. disebut punya mental yang cukup kuat untuk mengatasi kesalahan-kesalahan di atas lapangan. "Hari ini ada ketidaksempurnaan dan kami tidak melakukan segalanya dengan tepat, tapi kami punya kekuatan mental dan kualitas psikologis yang menentukan di Piala Dunia ini," tandasnya.

Ini menjadi gelar juara Piala Dunia yang kedua untuk Prancis. Mereka mengakhiri penantian yang sudah berlangsung selama 20 tahun. "Pertanyaan yang selalu diajukan adalah: apakah Prancis juara yang cantik? Well, kami adalah juara dunia dan Prancis akan ada di puncak dunia untuk empat tahun ke depan. Itulah yang perlu diingat," kata Deschamps.


(Andika Primasiwi, DS/CN26)