• KANAL BERITA

Southgate Fokus Pulihkan Mental Pemain Inggris

Foto: Clive Rose / Getty Images
Foto: Clive Rose / Getty Images

MOSKOW, suaramerdeka.com - Usai tersingkir di semifinal Piala Dunia, manajer timnas Inggris, Gareth Southgate memilih fokus memulihkan mental pemain. Maklum mereka akan memperebutkan tempat ketiga melawan Belgia. "Sejujurnya itu bukan pertandingan yang ingin dimainkan tim mana pun. Kami punya dua hari untuk mempersiapkan diri. Kami ingin tampil dengan kebanggaan besar, tidak ada keraguan soal itu," ujar Southgate seperti dikutip Telegraph.

Kekalahan 1-2 dari Kroasia di babak semifinal membuat Inggris harus mengubur mimpinya untuk ke final Piala Dunia 2018. Sebenarnya, Inggris sempat membuka harapan setelah unggul lebih dulu lewat gol Kieran Trippier di menit kelima. Sayang, Kroasia menyamakan skor di babak kedua lewat gol Ivan Perisic lalu berbalik unggul via gol Mario Mandzukic pada extra time.

Kekalahan ini membuat Inggris harus menunggu lebih lama lagi untuk 'memulangkan sepak bola' setelah terakhir kali jadi juara Piala Dunia pada 1966. Setelahnya, semifinal di Rusia dan pada 1990 jadi pencapaian terbaik Inggris.

Setelah ini, Inggris bakal kembali berhadapan dengan Belgia guna memperebutkan tempat ketiga, di Saint Petersburg Stadium, Sabtu (14/7) malam WIB. Memainkan laga perebutan tempat ketiga diakui Southgate akan sulit untuk para pemainnya, di mana dia harus mendongkrak moral Harry Kane dkk.

"Setiap kali kami memakai seragam tim nasional, kami ingin bermain dengan kebanggaan dan bermain bagus lalu menang. Memberi penilaian untuk setiap pemain selama 24 jam ke depan dan mengembalikan mental mereka untuk pertandingan seperti itu akan jadi tugas yang sangat sulit, tapi itulah tantangannya," katanya.

 


(Andika Primasiwi, DS/CN26)