• KANAL BERITA

Puji Perjuangan Heroik Pemain, Dalic Sebut Kroasia Tunjukkan Karakter Sejatinya

Foto: Alexander Hassenstein / Getty Images
Foto: Alexander Hassenstein / Getty Images

MOSKOW, suaramerdeka.com - Perjuangan heroik pemain Kroasia saat melawan Inggris sama sekali tak disangka sang pelatih, Zlatko Dalic. Secara luar biasa, Kroasia yang berada dalam posisi tertinggal, bisa berbalik menang atas Inggris dan lolos ke final Piala Dunia 2018.

"Kedua tim menujukkan kualitas apa yang mereka miliki, sebagaimana yang kami buktikan. Sekarang kami harus fokus untuk mempersiapkan pertandingan terbaik kami, di partai final! Apa yang para pemain saya tunjukkan hari ini, kekuatan yang mereka kerahkan, stamina, level energi. Saya sebenarnya ingin membuat pergantian pemain, tapi tak satu pun dari mereka mau diganti. Mereka semua bilang 'saya masih sanggup, saya masih bisa berlari'," seru Dalic di laman resmi FIFA.

Melawan Inggris di Luzhniki Stadium, Kroasia sebenarnya tertinggal lebih dulu pada menit kelima melalui gol sepakan bebas Kieran Trippier. Gagal menyamakan skor di babak pertama, Kroasia mendapatkan gol di babak kedua via sepakan Ivan Perisic. Di masa perpanjangan waktu, Kroasia memastikan satu tiket di final melalui gol Mario Mandzukic.

Hasil tersebut membuat Kroasia mengukir sejarah luar biasa, dengan untuk kali pertama sepanjang sejarah melenggang ke partai puncak Piala Dunia. Tidak heran bila kemudian seluruh penggawanya diselimuti rasa bahagia, tak terkecuali Dalic.

Kroasia disebut juru taktik berusia 51 tahun itu sudah menunjukkan karakter sejatinya dan mengaku tak habis pikir dengan perjuangan heroik Mario Mandzukic cs, yang memaksa bermain kendati kondisi fisik tak lagi prima.

"Beberapa pemain bermain dengan cedera ringan, dua dari mereka bermain dengan satu kaki, tapi itu sama sekali tak terlihat! Tidak pemain yang mau menyerah ketika saya mempersiapkan sebelas awal. Tidak ada yang bila mereka tak siap untuk babak perpanjangan waktu, dan tidak ada yang mau digantikan. Sikap itu menunjukkan karakter yang membuat saya bangga. Tida seroang pun mau menyerah," pungkasnya bangga.


(Andika Primasiwi, GLCM /CN26)