• KANAL BERITA

Southgate Sebut Skuat Muda Inggris Sudah Tampil Membanggakan

Foto: Shaun Botterill / Getty Images
Foto: Shaun Botterill / Getty Images

MOSKOW, suaramerdeka.com - Manajer timnas Inggris, Gareth Southgate menilai, skuat mudanya sudah tampil membanggakan untuk semua Inggris, kendati gagal ke final Piala Dunia 2018 usai takluk dari Kroasia di babak semifinal.

"Saat ini kami semua merasakan sakit karena kekalahan. Tapi, apakah kami menyangka bisa ada di posisi ini? Saya pikir secara realistis tak ada yang memperkirakannya. Ketika Anda berada di titik ini dan bermain dengan cara yang kami lakukan, dan sebaik babak pertama, anda jelas akan memanfaatkan kesempatan sekali seumur hidup tersebut. Ruang ganti menjadi tempat yang paling sulit sekarang ini," ujar Southgate dilansir  FIFA.com.

Melawan Kroasia di Luzhniki Stadium, Kamis (12/7), Inggris sempat unggul lebih dulu berkat gol Keiran Trippier di menit kelima. Sayangnya, The Three Lions pada akhirnya harus takluk usai Ivan Perisic dan Mario Mandzukic membukukan gol balasan pada menit 68, serta pada babak kedua waktu tambahan, tepatnya menit ke-109.

Menurut Southgate, Inggris sudah melebihi ekspektasi dengan menurunkan skuat muda di Rusia. Rata-rata usia skuat Inggris kali ini adalah 26,05 tahun, menempati tempat ketiga termuda setelah Nigeria dan Prancis. Menurutnya, wajar kalau Harry Kane dkk merasakan kekecewaan karena kegagalan kali ini. Tapi, tim Tiga Singa sudah membanggakan.

"Tapi, saya ingin mengatakan bahwa sangat bangga dengan para pemain yang memperlihatkan kemajuan. Saya pikir reaksi pada suporter kepada mereka, dibandingkan dua tahun lalu, memperlihatkan bahwa pengalaman bersama timnas Inggris juga bisa positif. Seluruh negeri akan sangat bangga pada mereka dan juga cara bermain yang diperlihatkan. Banyak hal positif yang bisa diambil," tandasnya.


(Andika Primasiwi, DS/CN26)