• KANAL BERITA

Menang Atas Inggris, Kroasia ke Final Piala Dunia

Foto: Ryan Pierse / Getty Images
Foto: Ryan Pierse / Getty Images

MOSKOW, suaramerdeka.com - Kroasia melaju ke final Piala Dunia 2018 usai menyingkirkan Inggris 2-1 via extra time di Luzhniki Stadium, Moskow, Kamis (12/7) dini hari. Tertinggal lebih dulu via gol Kieran Trippier, Kroasia menyamakan skor via sepakan Ivan Perisic dan berbalik menang via gol Mario Mandzukic di extra time.

Dalam laga ini, Inggris memimpin lebih dulu di menit kelima usai Modric melanggar Alli di depan kotak penalti sehingga membuahkan tendangan bebas. Maju sebagai eksekutor, Trippier dengan apik mengirim bola melewati pagar betis Kroasia dan masuk ke gawang Danijel Subasic.

Tertinggal, Kroasia coba meresponsnya, namun cukup kesulitan menembus lini belakang lawan yang cukup disiplin. Menit 19, Kroasia mendapat peluang via sepakan keras Ivan Rakitic yang arahnya masih melenceng. Menit 31, giliran Ante Rebic yang mendapat peluang, namun sepakan kencangnya masih tepat mengarah ke kiper Jordan Pickford. Hingga babak pertama berakhir, skor 1-0 tetap bertahan.

Di babak kedua, Kroasia yang terus menekan Inggris, namun cukup kesulitan membongkar lini belakang lawan. Upaya mereka baru membuahkan hasil pada menit 68 setelah umpan Sime Vrsaljko sukses disambar Perisic, dan gagal diantisipasi Jordan Pickford.

Usai menyeimbangkan skor, Kroasia kian bersemangat menggempur Inggris dan kembali mendapat peluang emas di menit 72, usai sepakan Perisic cuma menerpa mistar, setelah memanfaatkan kemelut akibat blunder Stones. Di menit ke-84, peluang emas didapat Mandzukic melalui sepakan kencangnya yang bisa diamankan dengan baik oleh Pickford. Hingga waktu normal habis, skor 1-1 tetap bertahan sehingga laga harus dilanjutkan ke babak tambahan.

Di menit-menit awal babak tambahan, Inggris menekan Kroasia dan mendapat peluang menit ke-98. John Stones bisa menanduk bola sepak pojok ke tiang jauh Kroasia. Danijel Subasic sudah mati langkah, tapi Sime Vrsaljko membuat penyelamatan gemilang usai membuangnya lagi dengan sundulan.

Sementara Kroasia cuma bisa mengandalkan serangan balik. Di menit ke-105, Mario Mandzukic nyaris membobol gawang Inggris. Menyambut umpan tarik, sontekannya di mulut gawang bisa digagalkan Jordan Pickford. Skor 1-1 tetap bertahan hingga istrahat.

Di babak kedua, tekanan Kroasia membuahkan hasil di menit 109, setelah Perisic memanfaatkan kemelut di daerah Inggris, menyundul bola ke kotak penalti lalu diteruskan Mandzukic dengan sepakan yang mengoyak gawang Pickford. Kroasia unggul 2-1 dan bertahan hingga laga tuntas. Kroasia pun melangkah ke final pertamanya di Piala Dunia, dan akan menghadapi Prancis di Luzhniki Stadium, Moskow, Minggu (15/7).


(Andika Primasiwi, GLCM /CN26)