Stunting Perlu Perhatian Khusus

- Minggu, 29 Agustus 2021 | 19:45 WIB
Anggota Komisi IX DPR RI Fadholi memberi sambutan dalam Sosialisasi Penguatan Pendataan Keluarga dan Kelompok Sasaran Bangga Kencana  di Rumah Joglo Fadholi Kauman Kidul Salatiga, Minggu (29/8). (SM/Moch Kundori)
Anggota Komisi IX DPR RI Fadholi memberi sambutan dalam Sosialisasi Penguatan Pendataan Keluarga dan Kelompok Sasaran Bangga Kencana  di Rumah Joglo Fadholi Kauman Kidul Salatiga, Minggu (29/8). (SM/Moch Kundori)

SALATIGA, suaramerdeka.com - Anggota Komisi IX DPR RI Fadholi mendukung pemerintah memberi perhatian khusus terhadap penanganan stunting atau kondisi tinggi badan anak lebih pendek dibanding tinggi badan anak seusianya.

Menurutnya, di Indonesia, kasus stunting masih menjadi masalah kesehatan dengan jumlah yang cukup banyak.  

Hal  ini  disebabkan  oleh  kekurangan  gizi  kronis  dengan  manifestasi  kegagalan  pertumbuhan  yang  dimulai  sejak  masa  kehamilan  hingga  anak  berusia  dua  tahun.

Baca Juga: Hati-hati Tangani Limbah Covid-19, Ada Kenaikan 30 Persen per Hari Selama Pandemi

"Saya mendorong pemerintah memberi perhatian khusus terhadap stunting ini. Sebab ini menyangkut masa depan penerus bangsa agar menjadi generesi yang sehat dan kuat," katanya dalam Sosialisasi Penguatan Pendataan Keluarga dan Kelompok Sasaran Bangga Kencana di Rumah Joglo Fadholi Kauman Kidul Salatiga, Minggu (29/8).

Kegiatan diikuti 180 peserta yang terdiri atas Penyuluh Lapangan Keluarga Berencana (PLKB), Posyandu, kader KB di desa, petani, dan masyarakat lainnya se Kabupaten Semarang.

Hadir juga dalam acara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, dan Keluarga Berencana Kabupaten Semarang Romlah, dan  Widwiono (Kepala Perwakilan BKKNB Jateng).

Baca Juga: DPD RI Inisiasi RUU Pinjaman Daerah

Fadholi menambahkan, upaya mendukung penanganan stunting ini di antaranya penambahan gizi kepada masyarakat.  

Sebab,  stunting terjadi karena kurangnya asupan gizi oleh masyarakat baik saat dalam kandungan hingga perawatan paska melahirkan.

"Problema keluraga juga terkadang bisa memperburuk kondisi stunting. Karenanya, pemerintah perlu melakukan pendampingan-pendampingan dalam upaya mengatasi stunting ini. Misalnya, bantuan   peningkatan gizi kepada masyarakat," ucap politisi Nasdem ini.

Editor: Ahmad Rifki

Tags

Terkini

Kampung Bebas Narkoba di Salatiga Segera Diluncurkan

Kamis, 21 Oktober 2021 | 19:50 WIB

UKSW dan TNI Salurkan Vaksin Dosis Kedua

Kamis, 21 Oktober 2021 | 04:05 WIB

RSUD Kota Salatiga Zero Pasien Covid-19

Senin, 18 Oktober 2021 | 22:12 WIB

Muamir Marzuki Kembali Pimpin IPHI Tingkir

Minggu, 3 Oktober 2021 | 20:29 WIB

Binda Jateng Lanjutkan Vaksinasi Pelajar dan Santri

Rabu, 29 September 2021 | 19:15 WIB
X