Keinginan Jadikan Ratu Kalinyamat Pahlawan Nasional Semakin Kuat

- Kamis, 28 Maret 2019 | 17:45 WIB
suaramerdeka.com/Puthut Ami Luhur
suaramerdeka.com/Puthut Ami Luhur

SEMARANG, suaramerdeka.com – Keinginan untuk menjadikan Ratu Kalinyamat sebagai Pahlawan Nasional semakin menguat dalam Forum Grup Discussion (FGD) yang digelar di Aston Inn Semarang, pada Selasa (26/3). Beberapa Narasumber yang dihadirkan, di antaranya Prof Dr Ratno Lukito, Dr Connie Rahakundini Bakrie dan Prof Dr Djoko Suryo menganggap tokoh wanita Jepara itu layak diangkat menjadi Pahlawan Nasional.

Prof Dr Ratno Lukito yang melakukan penelusuran jejak literasi menunjukkan bahwa Ratu Kalinyamat adalah riil ada. Penelusuran yang dilakukannya, melalui buku De Asia yang mengenai eksistensi Ratu Kalinyamat dan buku Suma Oriental yang mengisahkan latar belakang tahun 1512-1515 tentang kehipan di wilayah Jepara.

Dari aspek kemaritiman yang dilakukan penelusuran oleh Dr Connie Rahakundini Bakrie menyatakan, Ratu Kalinyamat merupakan perempuan yang telah melampaui zamannya. Menurutnya Ratu Kalinyamat sangatlah pemberani karena Jepara telah berani membantu Malaka untuk mengalahkan Portugis sehingga bisa disebut Jepara pada saat itu sama besarnya dengan Malaka.

Setelah itu ditinjau dari sisi arkeologis Ratu Kalinyamat dibuktikan ada. Hal ini ditunjukkan dengan batu gilang yang dipakai untuk pengambilan sumpah seorang raja/ratu. Dan ini menunjukkan adanya pemerintahan pada masa Ratu Kalinyamat dan sebelumnya oleh suaminya Pangeran Hadirin.

Selanjutnya Prof Dr Djoko Suryo menyampaikan, predikat jenis kepahlawanan untuk Ratu Kalinyamat di mana merupakan pionir wanita pejuang bangsa pada abad ke-16. Selanjutnya ditinjau dari aspek historis Kerajaan Islam Jawa, bahwa Ratu Kalinyamat merupakan cucu dari Raden Patah yang merupakan Sultan Demak.

Editor: Adib Auliawan

Tags

Terkini

UKSW dan TNI Salurkan Vaksin Dosis Kedua

Kamis, 21 Oktober 2021 | 04:05 WIB

Praktik Perjudian di Tiga Lokasi di Jateng Dibongkar

Kamis, 21 Oktober 2021 | 03:49 WIB

Hendi Dukung Desa Kekebalan Komunal AKABRI 1999

Rabu, 20 Oktober 2021 | 19:25 WIB
X