PMI Mulai Terapkan Transaksi Pembayaran Non Tunai, Dukung Transparansi Dana

- Jumat, 20 Agustus 2021 | 15:52 WIB
PINDAI QR CODE: Bupati Semarang, Ngesti Nugraha bersama Wakil Bupati M Basari dan tamu undangan mencoba memindai QR Code yang disediakan penyelenggara untuk mendukung Bulan Dana PMI Kabupaten Semarang 2021 di Pendapa Rumah Dinas Bupati Semarang, Jumat (20/8). (suaramerdeka.com/Ranin Agung)
PINDAI QR CODE: Bupati Semarang, Ngesti Nugraha bersama Wakil Bupati M Basari dan tamu undangan mencoba memindai QR Code yang disediakan penyelenggara untuk mendukung Bulan Dana PMI Kabupaten Semarang 2021 di Pendapa Rumah Dinas Bupati Semarang, Jumat (20/8). (suaramerdeka.com/Ranin Agung)

 

UNGARAN, suaramerdeka.com - Ketua PMI Kabupaten Semarang, Djarot Supriyoto mengatakan bahwa Bulan Dana PMI 2021 akan menerapkan transaksi penggalangan dana dengan pola pembayaran non tunai.

Sebagai upaya percepatan dan transparansi, warga donatur bisa melakukan pembayaran donasi Bulan Dana PMI 2021 dengan cara memindai Quick Response Code (QR Code) yang sudah disediakan penyelenggara.

“Ini merupakan standar pembayaran yang dikeluarkan Bank Indonesia yang difasilitasi oleh Bank Jateng Cabang Ungaran. Tujuannya tidak lain untuk transparansi, percepatan penggalangan dana, sekaligus mendukung gerakan mengurangi penggunaan kertas,” kata Djarot, usai Pencanangan Bulan Dana PMI Kabupaten Semarang 2021 di Pendapa Rumah Dinas Bupati Semarang, Jumat (20/8).

Karena baru kali pertama dilaksanakan, tim pengumpul donasi yang sudah ditunjuk oleh Pengurus PMI Kabupaten Semarang tetap akan menyiapkan lembar bukti tanda terima atau karcis Bulan Dana PMI 2021. Opsi itu dilakukan, guna mendukung pola pembayaran non tunai.

Donasi Bulan Dana PMI Kabupaten Semarang 2021 non tunai dapat dibayarkan melalui aplikasi Link Aja!, gopay, OVO, Shopee Pay, Dana, i.saku, jenius, dan aplikasi flip.

“Tahun ini masih menerapkan dua pola, yakni tunai dan non tunai. Karena baru kali pertama, nah harapan kami selanjutnya seluruh pembayaran bisa dilakukan secara non tunai atau berbasis elektonik,” ujarnya

Dalam sambutannya, Bupati Semarang yang juga Ketua Bulan Dana PMI Tahun 2021, Ngesti Nugraha menuturkan, bila PMI adalah satu-satunya organisasi kepalangmerahan yang berstatus badan hukum dan bertujuan meringankan penderitaan sesama manusia apapun sebabnya dengan tidak membedakan agama, bangsa, bahasa, warna kulit, jenis kelamin, golongan serta membedakan pandangan politik.

“Hasil bulan dana akan dikembalikan lagi kepada masyarakat berupa kegiatan-kegiatan sosial,” tutur dia.

Halaman:

Editor: Edyna Ratna Nurmaya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tahap Pembangunan Tol Bawen-Yogyakarta Dibalik

Rabu, 26 Januari 2022 | 23:57 WIB

Aktivitas Gempa Swarm Kembali Guncang Ambarawa

Jumat, 14 Januari 2022 | 19:34 WIB

BPN Serahkan 645 Sertifikat Aset Pemkab Semarang

Jumat, 14 Januari 2022 | 09:45 WIB

Misa Natal 2021, Seluruh Gereja Sudah Disterilkan

Jumat, 24 Desember 2021 | 20:00 WIB
X