KSP Restu Indo Agung Memenangi Gugatan

- Senin, 25 Maret 2019 | 17:00 WIB
foto ilustrasi - istimewa
foto ilustrasi - istimewa

SENARANG, suaramerdeka.com - KSP Restu Indo Agung memenangi gugatan atas Direktur PT Cipta Persada Mas (Liviaya Jaya Property) Andri Himawan. Pengadilan Tinggi Semarang membatalkan putusan tingkat pertama sebelumnya.

Putusan dijatuhkan pada musyawarah 4 Februari 2019 oleh majelis hakim terdiri H Antono Rustono (ketua), Sri Wahyuni dan Dwi Prasetyanto (anggota) pada sidang 7 Februari 2018 dibantu Panitera Pengganti Febri Anggoro P.

Kuasa hukum KSP Restu Indo, Agung mengatakan, hakim menyatakan hubungan Andri dengan KSP adalah hubungan perdata pinjam meminjam. "Gugatan seluruhnya ditolak," kata dia kepada wartawan, Senin (25/3).

Awalnya, Andri yang merupakan seorang kontraktor ingin membangun perumahan. Kemudian melakukan peminjaman uang kepada KSP sebagaimana tertuang dalam perjanjian kredit tertanggal 3 Desember 2016 di hadapan notaris Chatarina Mulyani Santoso.

"Kedua pihak harus tunduk pada perjanjian. Prinsipnya pihak berhutang harus mengembalikan," kata hakim, dalam pertimbangannya.

Majelis menilai ada itikad tidak baik dari Andri untuk menghindar dari tanggung jawab atas pinjaman itu.

Menurut hakim, penggugat dapat membayar atau mengembalikan uang yang dpinjam dari KSP karena rumah yang dibangun dari uang pinjaman tersebut telah banyak terjual.

"Inilah letak itikad tidak baik dari penggugat. Penggugat ingin terlepas dan menghindar dari tanggung jawab membayar hutangnya," ujarnya.

Hakim juga menyatakan, orang yang berhutang kepada koperasi sama halnya dengan dengan meminjam di suatu bank atau BPR dan lembaga keuangan sejenisnya.

Halaman:

Editor: Nugroho

Tags

Terkini

Hendi: Pungut Biaya di Luar Ketentuan, Binasakan

Selasa, 7 Desember 2021 | 19:53 WIB

Bupati Eisti'anah Apresiasi Donor Darah FKUB Demak

Senin, 6 Desember 2021 | 09:24 WIB
X