Kompleks Kelenteng Tay Kak Sie Terbakar, Satu Orang Tewas

KMP
- Kamis, 21 Maret 2019 | 09:50 WIB
Suasana Pemadaman di dua Kelenteng yaitu Kong Tik Soe dan Tjie Lam Tjay di komplek Kelenteng Tay Kak Sie, Semarang. (Foto Kumparan)
Suasana Pemadaman di dua Kelenteng yaitu Kong Tik Soe dan Tjie Lam Tjay di komplek Kelenteng Tay Kak Sie, Semarang. (Foto Kumparan)

SEMARANG, suaramerdeka.com - Rumah Ibadah Tjie Lam Tjay dan Kantor Yayasan Kong Tiek Soe di Kompleks Kelenteng Tay Kak Sie yang ada di Jalan Gang Lombok, Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah terbakar Kamis (21/3) pagi. 

Asap membumbung tinggi terlihat sejak pukul 04.00 WIB. Kebakaran pertama kali diketahui oleh Sofian Candra dan Peng Sia, dua orang yang kebetulan berada dekat di lokasi. Candra mengira, asap tersebut berasal dari api pembakaran sampah dari belakang kelenteng tersebut.

“Ya saya kira pertama dari sampah, tahunya pas dicek lagi kok ada asap dan api dari dalam kelenteng itu, saya buru-buru kasih tahu teman saya terus ambil alat pemadam,” kata Candra di lokasi, Kamis (21/3).

Menurut Candra, dalam kelenteng tersebut berisikan lilin untuk sembahyang, papan nama leluhur, dan penyimpanan abu jenazah. Diduga hal itu yang menyebabkan mudahnya api menjalar dan membakar bangunan cagar budaya (BCB) itu.

Meski Damkar sudahdatang, namun tidak langsung memadamkan api karena listrik di lokasi masih menyala.

“Kami kontak dulu PLN, begitu sudah padam, kami langsung lakukan pemadaman,” ujar Danton 2 Damkar Kota Semarang, Agus N di Lokasi.

Api baru bisa dipadamkan sekitar pukul 06.00 WIB. 

Dalam peristiwa tersebut, penjaga kelenteng, Om Lay (80). Petugas langsung mengevakuasi jenazah korban. “Korban ini meninggal karena dari informasi warga beliau sudah tua dan memang sedang sakit. Jadi kemungkinan saat terjadi kebakaran, dia lemas menghirup asap dan tidak bisa menyelamatkan diri,” jelas Agus.

Sementara dalam proses pemadaman, satu orang anggota damkar dilaporkan terluka lantaran tertimpa runtuhan kayu yang terbakar.

Halaman:

Editor: Maya

Tags

Terkini

Beraksi di 16 Minimarket, Pelaku Ditangkap

Jumat, 28 Januari 2022 | 23:17 WIB

Polres Kendal Musnahkan 359 Knalpot Brong

Jumat, 28 Januari 2022 | 22:37 WIB

Tahap Pembangunan Tol Bawen-Yogyakarta Dibalik

Rabu, 26 Januari 2022 | 23:57 WIB
X