Aturan PTM Dipersiapkan: Jangan Kecewa Kantin Sekolah Tak Dibuka, Disdik Punya Alasan

- Rabu, 18 Agustus 2021 | 19:08 WIB
Kepala Dinas Pendidikan Kota Semarang, Gunawan Saptogiri. (suaramerdeka.com/Muhammad Arif Prayoga)
Kepala Dinas Pendidikan Kota Semarang, Gunawan Saptogiri. (suaramerdeka.com/Muhammad Arif Prayoga)

SEMARANG, suaramerdeka.com - Pemerintah Kota Semarang mulai menyiapkan Pembelajaran Tatap Muka (PTM). Ini seiring dengan turunnya status PPKM di Kota Semarang menjadi Level 3. Selain PTM, sejumlah tempat wisata dan hiburan juga dipersilahkan buka, dengan aturan-aturan yang disiapkan.

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Semarang, Gunawan Saptogiri menuturkan, saat ini, sedang melakukan koordinasi terkait SOP PTM. Bila tidak ada kendala, PTM akan dimulai September mendatang.

''Pada umumnya, sekolah negeri dan swasta sudah siap menggelar PTM. Untuk sekolah swasta, nanti harus izin dulu ke Dinas Pendidikan Kota Semarang,'' ujar Gunawan, Rabu (18/8).

Baca Juga: Jokowi Kerap Dibully jadi Makin Kurus, Megawati Beri Dukungan: Bapak yang Tegar

Beberapa aturan, sambungnya, wajib dipenuhi pihak sekolah. Seperti pembelajaran dalam sehari maksimal 4 jam pelajaran atau sekitar 2 jam. Kapasitas ruangan, maksimal 50 persen. Misal kapasitasnya 32, yang masuk 16. Kemudian, harus ada SOP dan Satgas Covid di masing-masing sekolah.

Gunawan juga mengingatkan, agar pihak sekolah menyiapkan sarana dan prasarana untuk menunjang protokol kesehatan. Seperti tempat cuci tangan, meja yang diberi jarak, alat pengukur suhu dan lainnya.

''Aturan yang lain, yakni tidak ada jam istirahat. Kantin sekolah tidak boleh buka. Ini untuk menghindari terjadinya kerumunan. Siswa diminta bawa bekal sendiri dari rumah,'' sambung Gunawan.

Editor: Edyna Ratna Nurmaya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kejari Bantu Pemkot Tagih Piutang Pajak

Jumat, 3 Desember 2021 | 22:33 WIB

Nyali Besar, Panjat Tower 30 Meter Tanpa Gemetar

Kamis, 2 Desember 2021 | 14:14 WIB

Realisasi PBB Melebihi Target Rp10,4 M

Selasa, 30 November 2021 | 21:07 WIB
X