Pengurus DMI Se-Jateng Dilatih Akustik Masjid

- Senin, 17 Desember 2018 | 20:42 WIB
Asisten Sekda Kota Salatiga, Daryadi SH, foto bersama dengan Plt Ketua Umum PW Dewan Masjid Indonesia (DMI) Jateng, KH Musman Thalib, dan peserta pelatihan teknisi akustik DMI se-Jateng di Balai Kota Salatiga.(suaramerdeka.com/dok)
Asisten Sekda Kota Salatiga, Daryadi SH, foto bersama dengan Plt Ketua Umum PW Dewan Masjid Indonesia (DMI) Jateng, KH Musman Thalib, dan peserta pelatihan teknisi akustik DMI se-Jateng di Balai Kota Salatiga.(suaramerdeka.com/dok)

SALATIGA, suaramerdeka.com -  Sebanyak 52 orang mewakili 17 Pengurus Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kabupaten/Kota se-Jateng, belum lama ini mengikuti Pelatihan Tenaga Teknis Akustik di auditorium Balai Kota, Salatiga.

Wakil Ketua DMI Jateng sekaligus Ketua Akustik Dewan Masjid Jateng, Sarjuli menjelaskan, pelatihan dibuka Asisten Sekda Kota Salatiga, Daryadi SH, dihadiri Plt Ketua Umum DMI Jateng, KH Musman Thalib, dan Wakil Ketua, Drs KH Muhtar Hadi MAg.

''Pelatihan Tenaga Teknis Akustik adalah salah satu program unggulan DMI termasuk di dalamnya sertifikasi tanah waqaf masjid dan tempat ibadah,'' kata Sarjuli.

Wali Kota Salatiga yang diwakili Asisten Sekda, Daryadi SH, ketika membuka acara tersebut menyambut gembira pelatihan itu. ''Kalau panggilan azan dari masjid suaranya merdu, pasti umat berbondong-bondong datang ke masjid. Untuk itu dibutuhkan sound system akustik masjid yang bagus. Selama ini hanya mampu membeli dan memakai tapi tidak mampu merawat,'' katanya.

Plt Ketua Umum DMI Jateng, KH Musman Thalib menjelaskan, saat ini pihaknya mendapat bantuan dari PP DMI sebanyak tujuh unit mobil akustik.

Para peserta selain mendapat materi kemasjidan dan pengelolaan administrasi masjid mereka juga dibekali kebijakan mobil akustik dan sound system masjid oleh Mufida Rizal dan Aziz Muslim dari PP DMI serta perwakilan TOA Jawa Tengah.

''Salah satu kendala atau hambatan saat ini adalah keberadaan DMI belum sepopuler MUI atau IPHI, demikian juga soal pemanfaatan mobil akustik,'' kata Sarjuli.

Menurutnya, teknis operasional mobil akustik adalah pemasangan perawatan dan perbaikan sound system di masjid-masjid secara gratis kecuali penggantian komponen beli di TOA oleh takmir masjid.

Editor: Nugroho

Tags

Terkini

Kejari Bantu Pemkot Tagih Piutang Pajak

Jumat, 3 Desember 2021 | 22:33 WIB

Nyali Besar, Panjat Tower 30 Meter Tanpa Gemetar

Kamis, 2 Desember 2021 | 14:14 WIB

Pemkab Demak Dorong Pertumbuhan Kampung Ternak

Kamis, 2 Desember 2021 | 10:12 WIB

Ini Penyebab Banjir di Kendal, 22 Pintu Air Rusak

Kamis, 2 Desember 2021 | 09:51 WIB
X