Menkeu Minta Proyek SPAM Semarang Barat Bisa Rampung dengan Baik

- Rabu, 12 Desember 2018 | 19:45 WIB
Menteri Keuangan Sri Mulyani dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono saat memberikan keterangan persnya kepada wartawan. (suaramerdeka.com/Yulianto)
Menteri Keuangan Sri Mulyani dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono saat memberikan keterangan persnya kepada wartawan. (suaramerdeka.com/Yulianto)

SEMARANG, suaramerdeka.com - Menteri Keuangan RI Sri Mulyani Indrawati menyatakan bahwa Pemerintah sangat menyambut positif inisiatif swasta dalam partisipasinya pada pembangunan proyek infrastruktur khususnya di sektor Air Minum untuk kebutuhan masyarakat banyak.

“Sesuai dengan fokus Pemerintah, maka percepatan pembangunan infrastruktur secara merata sampai dengan saat ini masih diutamakan, di samping pembangunan dalam pendidikan dan pengembangan Sumber daya manusia. Di tengah keterbatasan anggaran negara, maka untuk mewujudkannya diperlukan sinergi positif antara pemerintah dengan badan usaha, dan skema kerjasama pemerintah dan badan usaha (KPBU) merupakan solusi yang strategis,” kata Menkeu usai penandatanganan prasasti yang juga dihadiri oleh Menteri PUPR Basuki Hadimuljono saat acara peresmian kerjasama Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Semarang Barat di Kantor PDAM Tirta Moedal,  Rabu (12/12).

Sri Mulyani menambahkan, dengan sudah adanya pemenang lelang proyek untuk  SPAM Semarang Barat ini yakni PT Air Semarang Barat (ASB) dengan nilai penawaran terendah sebesar sekitar 417 miliar diharapkan segera dibangun dan rampung dengan mendapatkan "best quality". Adapun proyek sistem penyediaan air minum (SPAM) Semarang Barat hasil kerja sama pemerintah dengan badan usaha di proyek senilai Rp1,1 triliun tersebut merupakan proyek dengan skema kerja sama pemerintah dengan badan usaha (KPBU) ketiga di sektor air minum.

Saat ini, akses masyarakat terhadap air bersih menurut Kementerian PUPR mencapai 72% dan ditargetkan menjadi 100% pada tahun depan.

Sementara itu,  Pjs Dirut PDAM Tirta Moedal M Farchan mengatakan, diharapkan pada tahun 2020-2021 proyek SPAM Semarang Barat telah rampung. Namun pengerjaannya sudah mulai kemungkinan pada April tahun 2019, yakni pembangunan infrastruktur yang dikerjakan oleh PUPR.

"Pembangunan proyek ini semakin cepat akan makin baik,  karena sudah dinantikan oleh masyarakat Semarang untuk kebutuhan air bersih," katanya.

Untuk diketahui, SPAM Semarang Barat akan menjangkau 60.000 sambungan rumah 31 kelurahan di 3 kecamatan yakni Semarang Barat, Tugu dan Ngaliyan. Proyek ini akan memanfaatkan Bendungan Jatibarang sebagai sumber air baku. Akses air bersih melalui jaringan pipa PDAM sekaligus diharapkan bisa mengurangi pemakaian air tanah yang saat ini telah menyebabkan penurunan muka air tanah di Kota Semarang.

Editor: Fadhil Nugroho Adi

Tags

Terkini

Nyali Besar, Panjat Tower 30 Meter Tanpa Gemetar

Kamis, 2 Desember 2021 | 14:14 WIB

Pemkab Demak Dorong Pertumbuhan Kampung Ternak

Kamis, 2 Desember 2021 | 10:12 WIB

Ini Penyebab Banjir di Kendal, 22 Pintu Air Rusak

Kamis, 2 Desember 2021 | 09:51 WIB
X