Kepatuhan Pakai Masker Sudah Baik, Kampanye Lewat Lagu Juga Berpengaruh

- Selasa, 10 Agustus 2021 | 19:42 WIB
sm/com
sm/com

SEMARANG, suaramerdeka.com - Dalam 1,5 tahun pandemi, kepatuhan menjalankan protokol kesehatan oleh masyarakat mengalami fluktuasi. Terdapat pola, saat kenaikan kasus terjadi, kepatuhan menjalankan protokol kesehatan juga mengalami penurunan.

Berdasarkan data Satgas per 1 Agustus 2021, 69 atau 17,69 persen dari 390 kabupaten/kota di Indonesia masih memiliki tingkat kepatuhan kurang dari 75 persen. Hal ini menunjukkan, penerapan protokol kesehatan belum berjalan maksimal.

Mengenakan masker dengan tepat, paling bermanfaat mengurangi kemungkinan seseorang yang terinfeksi menyebarkan COVID-19. Apalagi dengan  munculnya varian baru yang lebih cepat menular, membuat resiko terinfekesi virus Corona semakin tinggi.

Baca Juga: Temukan Peluang Usaha di Masa Pandemi

Dr. Sonny Harry B. Harmadi, Ketua bidang perubahan perilaku satgas penanganan covid 19 mengatakan dengan adanya PPKM darurat hingga PPKM level, kepatuhan masyarakat terhadap prokes meningkat.

“Jadi kami monitor dari hari ke hari, kami berupaya untuk melakukan berbagai upaya di lapangan agar terjadi kepatuhan prokes,” ujarnya dalam konferensi pers “Semua Wajib Pakai Makser” melalui youtube, Selasa (10/8).

Pada periode 3 juli – 10 juli secara nasional, kepatuhan memakai masker skor 7,46%. Di periode selanjutnya, 11-18 Juli naik 7,76%. Dalam dua minggu terakhir naik ke angka 7,84. Lalu kepatuhan menjaga jarak juga naik dimana sebelumnya angkanya selalu rendah, termasuk kepatuhan mencuci tangan.

“Kita harus menuju 10, kalau bisa 10 karena disiplin kolektif jadi sangat penting, meski sulit kita harus menuju ke angka sempurna 10,” terangnya.

Sonny menerangkan pengetahuan masyarakat untuk 3M sudah sangat tinggi. 60% masyarakat Indonesia sudah dalam kesadaraan tinggi, mereka ada pengawasan atau tidak akan patuh prokes.

Sementara 30% lainnya masyarakat kita patuh, tapi memang belum terbangun kesadaran dengan sendiri, harus ada yang mengawasai, masih tergantung pada motivasi, masih naik turun. Sementara yang 10% tidak melaksanakan prokes.

Halaman:

Editor: Ahmad Rifki

Tags

Terkini

Kejari Bantu Pemkot Tagih Piutang Pajak

Jumat, 3 Desember 2021 | 22:33 WIB

Nyali Besar, Panjat Tower 30 Meter Tanpa Gemetar

Kamis, 2 Desember 2021 | 14:14 WIB

Realisasi PBB Melebihi Target Rp10,4 M

Selasa, 30 November 2021 | 21:07 WIB
X