Perempuan dan Disabilitas Rentan jadi Korban Kekerasan

- Senin, 15 Oktober 2018 | 18:48 WIB
Foto: Istimewa
Foto: Istimewa

UNGARAN, suaramerdeka.com - Bupati Semarang, Mundjirin menyebutkan, bila warga perempuan, anak-anak, dan penyandang disabilitas tergolong rentan terhadap kekerasan. Di samping itu, mereka juga masih dibayangi oleh keterbatasan akses di berbagai ruang lingkup kehidupan.

Untuk melindungi masyarakat tersebut, ia berharap semua pihak termasuk TNI dan Polri bisa memberikan dukungan pemberdayaan.

“Ciptakan suasana ramah dan nyaman bagi penyandang disabilitas. Pemerintah Desa juga kami minta untuk memberikan pelayanan terbaik kepada mereka,” katanya, saat membacakan sambutan Gubernur Jawa Tengah dalam Pembukaan TMMD Sengkuyung Tahap III TA-2018 di Lapangan Desa Jatijajar, Bergas, Kabupaten Semarang, Senin (15/10).

Belum lama ini, Pemkab Semarang telah meluncurkan sejumlah aplikasi layanan di tingkat kecamatan, maupun desa/kelurahan. Dengan aplikasi tadi, pihaknya optimistis masyarakat akan semakin mudah mendapatkan pelayanan administrasi.

“Inovasi dan pemanfaatan teknologi terus dikembangkan hingga tingkat desa/kelurahan. Artinya, pelayanan mudah, murah, dan cepat bisa terwujud dan menjangkau semua kelompok masyarakat,” terangnya.

Khusus bagi warga penyandang disabilitas, lanjutnya, Bupati Semarang Mundjirin menandaskan, Pemkab Semarang sudah mulai peduli dengan kebutuhan mereka. Ia mencontohkan, trotoar di Candi Gedongsongo dan trotoar di lokasi lain saat ini telah dilengkapi dengan jalur khusus difabel.

Dalam rangka untuk membebaskan trotoar dari pedagang kaki lima, pihaknya akan menghimbau Persatuan Pedagang Kaki Lima Kabupaten Semarang. Hal itu bisa didiskusikan, untuk membuat tempat tertentu khusus bagi pedagang.

“Kalau bisa ya trotoar bebas pedagang, kasihan warga disabilitas. Apalagi kalau dia harus berjalan di tepi jalan,” ujarnya.

Editor: Fadhil Nugroho Adi

Tags

Terkini

Beraksi di 16 Minimarket, Pelaku Ditangkap

Jumat, 28 Januari 2022 | 23:17 WIB

Polres Kendal Musnahkan 359 Knalpot Brong

Jumat, 28 Januari 2022 | 22:37 WIB

Tahap Pembangunan Tol Bawen-Yogyakarta Dibalik

Rabu, 26 Januari 2022 | 23:57 WIB
X