Gubernur Jawa Tengah Melepas Rombongan Relawan Bencana Palu

- Sabtu, 6 Oktober 2018 | 17:20 WIB
Foto: jatengprov.go.id
Foto: jatengprov.go.id

SEMARANG, suaramerdeka.com – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo melepas rombongan relawan yang akan ditugaskan membantu korban bencana gempa dan tsunami di Palu, Sabtu (6/10). Selain relawan, sejumlah truk berisi bantuan dari berbagai instansi juga diberangkatkan ke lokasi bencana.

Pelepasan rombongan relawan beserta bantuan dilakukan dengan upacara di halaman kantor Gubernur Jateng. Dalam kesempatan itu, Ganjar yang memimpin upacara mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah memberikan bantuan untuk korban bencana alam di Palu.

“Atas nama Pemprov Jateng, saya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah memberikan bantuan untuk korban di Palu. Saya senang sekaligus bangga, karena memang begini cara kita bergotong royong untuk membantu sesama,” kata Ganjar.

Mantan anggota DPR RI ini menitipkan pesan kepada sejumlah relawan yang diberangkatkan ke Palu. Ganjar menegaskan jika relawan yang akan bertugas harus menyiapkan diri sebaik mungkin agar tidak merepotkan orang lain.

“Saya tekankan, tolong relawan tidak boleh ngrepoti. Kawan-kawan relawan yang akan berangkat ini harus memiliki kemampuan untuk menolong dan harus memiliki bekal yang cukup selama proses di sana,” tegasnya.

Untuk itu, para relawan harus siap betul dan menghitung estimasi waktu dengan perbekalan yang ada. Selain itu, pemahaman peta bencana dan pengetahuan tentang penanggulangan bencana harus dimiliki.

“Kadang banyak relawan datang ke saya namun tidak tahu dapat menolong apa, itu pasti akan ngrepoti. Dia datang hanya bawa diri sendiri, di sana tidak bisa survive, tidak punya keterampilan, tidak paham teknisnya maka itu pasti akan merepotkan,” ungkap gubernur.

Belum lagi lanjut dia, dengan persiapan yang kurang maka tidak menutup kemungkinan ada relawan yang jatuh sakit. Atau bahkan karena tidak tahu teknisnya serta tidak memahami peta bencana, justru relawan tersebut menjadi korban.

“Nah itu yang saya tekankan kepada tim ini, harus disiapkan betul segalanya agar tidak merepotkan. Tim ini datang untuk menolong masyarakat di sana dan tidak boleh justru merepotkan dan menjadi beban,” tandas Ganjar.

Halaman:

Editor: Adib Auliawan

Tags

Terkini

Tahap Pembangunan Tol Bawen-Yogyakarta Dibalik

Rabu, 26 Januari 2022 | 23:57 WIB

Parkir Tepi Jalan Akan Diberlakukan Elektronik

Selasa, 25 Januari 2022 | 21:44 WIB
X