Pembangunan Pasar Johar Baru Tunggu Anggaran dari Kementerian PUPR

- Selasa, 25 September 2018 | 19:17 WIB
Foto: Istimewa
Foto: Istimewa

SEMARANG, suaramerdeka.com - Pemkot Semarang masih mengajukan bantuan anggaran ke Kementerian PUPR untuk melanjutkan pembangunan Pasar Johar Baru di eks Pertokoan Kanjengan. Saat ini baru dibangun hingga lantai dua dari empat lantai yang direncanakan.

Pada 2017 lalu, Kementerian Perdagangan mengucurkan bantuan sebesar Rp 87,31 miliar untuk pembangunan gedung di eks Pertokoan Kanjengan tersebut. Adapun tahun ini, anggaran dialokasikan ke Kementerian PUPR. Adapun usulan anggaran untuk penyelesaian Pasar Johar Baru sebesar Rp 37 miliar.

"Kami sudah mengajukan bantuan ke Kementerian PUPR untuk penyelesaian Pasar Johar Baru. Anggaran yang kami ajukan sebesar Rp 37 miliar. Kemungkinan baru bisa cair pada 2019," ujar Kepala Dinas Perdagangan Kota Semarang, Fajar Purwoto, kemarin.

Pemkot Semarang pun kini fokus pada penyelesaian revitalisasi Pasar Johar Lama (Bangunan Cagar Budaya) dan juga pembangunan Alun-alun Semarang. Bila tahun lalu, anggaran pemkot mengalokasikan revitaliasi Pasar Johar Lama sebesar Rp 50 miliar, kali ini meminta bantuan ke Kementerian PUPR sebesar Rp 146 miliar.

Fajar menambahkan, anggaran dari pusat sudah cair. Pekerjaan fisiknya akan segera dilakukan. Konsepnya, tidak mengubah bentuk bangunan yang ada, tetapi hanya melakukan penguatan. Banyak tiang dan atap yang sudah rapuh, pasca terbakar pada  9 Mei 2015 lalu.

Terpisah, Sekretaris Dinas Penataan Ruang (Distaru) Kota Semarang, M Irwansyah menuturkan, penyelesaian alun-alun secara utuh akan dikerjakan selama dua tahap. Untuk tahap pertama dianggarkan sebesar Rp 47,3 miliar. Adapun tahun depan dialokasikan Rp 50 miliar.

Dikatakannya, Alun-alun Semarang nantinya akan difungsikan sebagai Ruang Terbuka Hijau (RTH) dan ruang publik. Warga bisa memanfaatkannya untuk berbagai kegiatan seperti saat dugderan, dan shalat ied yang menampung banyak jamaah.

"Diharapkan, pembangunan ini bisa cepat selesai dan bisa digunakan masyarakat," harapnya

Editor: Fadhil Nugroho Adi

Tags

Terkini

HUT Korpri Ke-50, Polres Semarang Gelar Baksos

Jumat, 26 November 2021 | 22:21 WIB
X