Munculkan Kebersamaan dalam Penyembelihan Hewan Kurban

- Kamis, 23 Agustus 2018 | 14:25 WIB
Warga dibantu siswa-siswi hendak menyembelih hewan kerbau. (suaramerdeka.com/Rosyid Ridho)
Warga dibantu siswa-siswi hendak menyembelih hewan kerbau. (suaramerdeka.com/Rosyid Ridho)

KENDAL, suaramerdeka.com - SMK NU 01 Kendal menyembelih satu kerbau, Kamis (23/8). Daging kurban itu rencana dibagikan untuk internal sekolah dan warga kurang mampu yang ada di sekitar lingkungan sekolah.

Waka Kesiswaan SMK NU 01 Kendal, Rokhmiyati mengatakan, penyembelihan hewan kurban bertujuan memberikan pendidikan cara menyembelih sekaligus latihan kurban bagi siswa. ‘’Penyembelihan kerbau tidak dilakukan pada hari Rabu (22/8), karena siswa-siswi berpartisipasi menyembelih di tempat tinggalnya masing-masing,’’ kata dia.

Ia menjelaskan, kerbau itu dibeli dari uang hasil iuran bersama dari wali murid, guru, dan karyawan sekolah. Iuran dari wali murid nilai nominalnya sudah berdasarkan kesepakatan bersama.

‘’Saya berharap kegiatan penyembelihan hewan kurban di sekolah, bisa memunculkan rasa kebersamaan baik peserta didik, guru, dan karyawan,’’ tuturnya.

Sementara itu, SD Muhammadiyah Sukorejo menyalurkan 120 kambing untuk disembelih. Kambing tersebut disebar di 13 dusun yang ada di Kecamatan Sukorejo. ‘’Penyembelihan dilaksanakan usai sholat Id disaksikan siswa, wali murid dan guru. Kurban itu sebagai ikhtiar memberi motivasi dan inspirasi bagi anak-anak,’’ terang Kepala SD Muhammadiyah Sukorejo, Butuk Kemisih.

Editor: Nugroho

Tags

Terkini

X