Pembangunan Alun-alun Pasar Johar Dianggarkan Rp 47 M

- Rabu, 22 Agustus 2018 | 11:43 WIB
Wali Kota Semarang,  Hendrar Prihadi melakukan ground breaking pembangunan Alun-alun Pasar Johar di Kawasan Johar, Rabu (22/8). (Foto suaramerdeka.com/Yulianto)
Wali Kota Semarang,  Hendrar Prihadi melakukan ground breaking pembangunan Alun-alun Pasar Johar di Kawasan Johar, Rabu (22/8). (Foto suaramerdeka.com/Yulianto)

SEMARANG, suaramerdeka.com - Pembangunan untuk penataan Kawasan Pasar Johar tahap II,  yakni segmen Alun-alun Pasar Johar dianggarkan pemerintah kota sebesar Rp 47 Miliar. Pengerjaan proyek yang dilaksanakan oleh PT Citra Prasasti Konsorindo,  selama 160 hari itu,  telah diground breaking dan dihadiri oleh Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi,  Rabu (22/8).

Dikatakan,  Hendi sapaan akrab Wali Kota Semarang,  bahwa Alun-alun Kota Semarang yang dulunya memang berada di sekitar Pasar Johar di depan Masjid Agung persis. Konteksnya sama dengan Masjid Agung Semarang dengan Simpanglima saat ini. 

"Kami ingin mengembalikan Alun-alun Semarang seperti dulu,  hari ini Pemkot didukung dan direspon oleh para pedagang di sekitar yang rela untuk pindah sementara karena pertama memang pernah terbakar dan kedua akan dibangun Alun-alun,"katanya,  usai acara ground breaking di Pasar Johar. 

Hendi juga meminta kepada kontraktor yang melakukan pembangunan Alun-alun agar tepat waktu dan tepat kualitas. Dan bisa mengerjakan dengan estetika yang sangat tinggi. "Maksud saya jangan ingin hanya pengen cari untung dan kerjaannya asal-asalan, nanti kasihan pengorbanan para pedagang,  setelah kembali ke sini,  atapnya bocor dan dindingnya retak retak. Sehingga saya minta kepada pengawas untuk mengawasi proyek ini  dengan seksama ,"ujarnya. 

Dijelaskan Hendi,  bahwa terkait penyelesaian Alun-alun secara utuh akan dikerjakan selama dua tahap. Dan untuk tahap pertama dianggarkan sebesar Rp 47 miliar.

Sementara itu,  Plt Sekda Kota Semarang Agus Riyanto mengatakan, konsep Alun -alun Pasar Johar nantinya akan difungsikan sebagai ruang terbuka hijau dan ruang publik. Dimana, misalnya akan dipakao untuk aktivitas warga,  seperti moment dugderan,  dan sholat ied yang menampung banyak jamaah. "Diharapkan,  pembangunan ini bisa cepat selesai dan bisa digunakan masyarakat, "pungkasnya.

Editor: Maya

Tags

Terkini

HUT Korpri Ke-50, Polres Semarang Gelar Baksos

Jumat, 26 November 2021 | 22:21 WIB
X