Napi Kendal Ikut Pecahkan Rekor Muri

- Minggu, 5 Agustus 2018 | 17:40 WIB
POCO-POCO: Warga binaan Lapas Kelas IIA Kendal melaksanakan senam poco poco di halaman lapas. Kegiatan itu dalam rangka memecahkan rekor Muri. (Foto: suaramerdeka.com/Rosyid Ridho)
POCO-POCO: Warga binaan Lapas Kelas IIA Kendal melaksanakan senam poco poco di halaman lapas. Kegiatan itu dalam rangka memecahkan rekor Muri. (Foto: suaramerdeka.com/Rosyid Ridho)

KENDAL, suaramerdeka.com - Narapidana (napi) atau warga binaan yang menempati Lapas Kelas IIA Kendal ikut memecahkan rekor Muri berupa senam poco poco bersama, Minggu (5/8). Warga binaan itu melakukan senam poco poco di halaman lapas. Kepala Lapas Kelas IIA Kendal, Tulus Basuki, mengatakan, senam poco poco tersebut diselenggarakan serentak di lapas dan rumah tahanan yang tersebar di Indonesia.

'Khusus di Lapas Kendal diikuti 36 narapidana. Kami menyesuaikan luas halaman,'' kata dia. 

Ia mengatakan, meski mereka saat ini sedang menjalani hukuman, namun tidak menghilangkan kesempatan warga binaan untuk berpartisipasi memecahkan rekor muri tersebut. Kegiatan itu bisa meningkatkan kekompakan dan kebersamaan. ''Semua lapas dan rutan serentak menggelar kegiatan ini. Secara keseluruhan diikuti 120 ribu napi maupun tahanan,'' kata dia. 

Kasi Pembinaan Narapidana dan Anak Didik Lapas Kelas IIA Kendal, Hidayat, mengatakan, napi yang mengikuti senam poco poco sebelumnya diseleksi, sehingga terpilih sebanyak 36 peserta. ''Mereka menjalani latihan senam poco poco kurang lebih dua pekan,'' terangnya. 

Ia menambahkan, selain pemecahan rekor Muri, Lapas Kelas IIA Kendal juga menyelenggarakan pekan olahraga bagi pegawai dan warga binaan. Cabang olahraga yang dilombakan yaitu voli, sepak takraw, bulutangkis, dan tenis meja. Pekan olahraga itu digelar Senin-Kamis (6-9/8). Kegiatan dalam rangka memperingati HUT ke-73 Republik Indonesia.

''Rangkaian acara yang kami laksanakan bertujuan membangun kesadaran warga binaan. Mereka sebagai makhluk sosial, agar bisa saling bekerja sama dan tolong menolong dalam hal kebaikan,'' tutur dia

Editor: Fadhil Nugroho Adi

Tags

Terkini

Parkir Tepi Jalan Akan Diberlakukan Elektronik

Selasa, 25 Januari 2022 | 21:44 WIB

Kauman Kampung Quran Jadi Jejak Syiar Peradaban Islam

Senin, 24 Januari 2022 | 07:45 WIB
X