Kuliner Kauman Semarang Sediakan Kudapan Takoyaki Khas Kansai Jepang

- Jumat, 9 Desember 2022 | 20:17 WIB
Seorang pengunjung sedang mengantri membeli makanan Takoyaki di Kuliner Kauman Semarang yang buka setiap Jumat, Sabtu dan Minggu sore.  (SM/Pamungkas Suci Ashadi)
Seorang pengunjung sedang mengantri membeli makanan Takoyaki di Kuliner Kauman Semarang yang buka setiap Jumat, Sabtu dan Minggu sore. (SM/Pamungkas Suci Ashadi)

SEMARANG,suaramerdeka.com - Tak perlu jauh-jauh jika penasaran ingin mencicipi makanan khas daerah Jepang. Kini di Kuliner Kauman Semarang, tak hanya sediakan menu seafood tradisional, namun juga menyediakan kudapan Takoyaki.

Takoyaki merupakan makanan yang berasal dari daerah Kansai Jepang. Makanan tersebut berbentuk bola-bola kecil yang dibuat dari adonan tepung terigu diisi potongan gurita di dalamnya.

Makanan Takoyaki tersebut sudah mulai viral beberapa tahun yang lalu di Indonesia. Hampir di setiap daerah maupun kota sudah ada pedagang yang membuat Takoyaki.

Baca Juga: KPK Tetapkan Pemkot Semarang Jadi Kota Terbaik Pencegahan Korupsi

Saking populernya, makanan Takoyaki ini pun sudah banyak ditemui di pinggir jalan. Tapi Takoyaki yang dijual sudah hasil kreasi orang-orang lokal dan isinya bukan daging gurita lagi.

Kalau di Jepang, takoyaki disajikan dengan saus, mayones dan topping berupa katsuobushi atau serutan daging ikan kayu. Maka di Indonesia paling banter menggunakan mayones, saus, atau topping hasil kreasi sendiri sesuai selera.

"Makanan ini sudah viral dan ada di setiap daerah. Tapi masih banyak masyarakat Semarang yang belum mengenalinya. Maka makanan ini perlu dikenalkan kembali khususnya di tempat-tempat wisata seperti di Kuliner Kauman ini," ujar pedagang Takoyaki, Nur Fadhilah, Jumat, 9 Desember 2022.

Baca Juga: Dongeng Anak Khatulistiwa : Teman Baru di Sekolah dan Datangnya Kabut Tebal (2)

Menurutnya, pedagang yang menjual Takoyaki di area Semarang yang dekat dengan aloon aloon Masjid Agung Kauman maupun Kotalama yaitu di daerah Jalan Hasanudin, Kebonharjo, Jalan Anggraini dan Jalan Pemuda.

Halaman:

Editor: Hendra Setiawan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X