3T Tekan Covid-19, Vaksinasi Ditarget 150 Ribu Per Hari

- Kamis, 5 Agustus 2021 | 20:58 WIB
LAKUKAN PENGECEKAN : Panglima TNI Marsekal Hadi Djahjanto bersama Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo saat melakukan pengecekan di kegiatan Vaksinasi Merdeka Candi, di GOR Jatidiri, Gajahmungkur, Kamis (5/8) siang. (suaramerdeka.com/Erry Budi Prasetyo)
LAKUKAN PENGECEKAN : Panglima TNI Marsekal Hadi Djahjanto bersama Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo saat melakukan pengecekan di kegiatan Vaksinasi Merdeka Candi, di GOR Jatidiri, Gajahmungkur, Kamis (5/8) siang. (suaramerdeka.com/Erry Budi Prasetyo)

SEMARANG, suaramerdeka.com - Meningkatkan 3 T yakni testing, tracing dan treatment di setiap dearah yang masuk dalam kategori zona merah harus dilakukan. Tak hanya itu, menekan Reproduksi (RT) virus Covid-19 hingga di bawah 1 dalam waktu 14 hari juga harus dilakukan.

Kalau itu terus dilakukan angka positif Covid akan terus turun di Jateng. Hal tersebut diungkapkan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto saat melakukan pengecekan pelaksanaan Vaksinasi Merdeka Candi bersama Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo yang digelar Polda Jateng, di GOR Jatidiri, Gajahmungkur, Kamis (5/8) siang.

"Strategi untuk menekan angka positif COVID-19, yaitu 3M dan 3T serta vaksinasi. Target yang sudah ditetapkan untuk mencapai herd immunity juga sudah kita tetapkan, untuk positivity rate adalah lima persen. Oleh sebab itu, upaya untuk mendapatkan positivity rate kita juga sudah melakukan 3T," ujarnya.

Baca Juga: Stres PPKM, Dinar Candy Malah Kena Pasal Pornografi

Adapun, lanjut dia, Presiden Joko Widodo sudah menerapkan target 1 juta vaksin per hari agar bisa tercapai herd immunity. Akselerasi atau percepatan vaksinasi yang sudah dilakukan bisa menekan angka kasus Corona di Indonesia.

"Target RT ditekan bisa dibawah 1 dalam 14 hari sehingga itu artinya herd immunity sudah terbentuk. Seperti contoh di Cilacap angka RT pernah mencapai 3.8 Kemudian setelah dilakukan intervensi 3 M dan 3 T bisa terus menurun," ungkapnya.

Dia berharap dengan kegiatan vaksinasi secara masal seperti yang digelar Polda Jateng, reproduksi efektif atau kemampuan reproduksi bisa di bawah 1 selama satu minggu, maka kita bisa katakan Jateng sudah sampai kepada herd immunity," jelasnya.

Baca Juga: Ngeri! Lama Tak Mentas, Reog Barong Satroni Kegiatan Vaksin

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengatakan, gerakan Vaksin Merdeka Candi yang digelar Polda Jateng secara serentak di seluruh Polres di Jawa Tengah diharapkan bisa mencapai target yang diinginkan hingga 17 Agustus 2021 kurang lebih sebanyak 608 ribu dosis per minggu.

Halaman:

Editor: Edyna Ratna Nurmaya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kejari Bantu Pemkot Tagih Piutang Pajak

Jumat, 3 Desember 2021 | 22:33 WIB

Nyali Besar, Panjat Tower 30 Meter Tanpa Gemetar

Kamis, 2 Desember 2021 | 14:14 WIB
X