Yosep Parera Bantu Upaya Mediasi Tahanan Hingga Bebas! Tempuh Restoratif Justice

- Selasa, 6 Desember 2022 | 13:20 WIB
Tim Rumah Pancasila dan Klinik Hukum saat mengunjungi tempat kos Rahmat di Utan Panjang, Kemayoran, Jakarta Pusat, Sabtu 3 Desember 2022. (suaramerdeka.com/dok Rumah Pancasila)
Tim Rumah Pancasila dan Klinik Hukum saat mengunjungi tempat kos Rahmat di Utan Panjang, Kemayoran, Jakarta Pusat, Sabtu 3 Desember 2022. (suaramerdeka.com/dok Rumah Pancasila)

SEMARANG, suaramerdeka.com - Yosep Parera yang kini tengah ditahan karena terjerat perkara suap di lingkungan Mahkamah Agung (MA) justru mampu membebaskan sesama tahanan.

Tahanan yang dimaksud bernama Rahmat, seorang sopir bajaj yang juga ditahan di Rutan Polres Metro Jakarta Pusat lantaran tak sengaja menyerempet pejalan kaki.

Rahmat tersangkut kasus lakalantas pada Sabtu 12 November 2022 sekira pukul 06.00 WIB di Jl HBR Motik Jakarta Pusat.

Baca Juga: Rumah Pancasila Tolak Aturan Sanksi Beri Uang Pengemis di Jalan Kota Semarang

Bajaj yang dikendarainya, nomor polisi B 4438 TZE, menyerempet pejalan kaki bernama Esih yang tinggal di Kebon Kosong, Kemayoran, Jakarta Pusat.

Akibatnya, Esih mengalami luka. Kasus itu membawa Rahmat ke jeruji penjara setelah ditangani penyidik polisi lalu lintas setempat.

Dari balik sel, Yosep Parera membantu Rahmat dengan upaya restoratif justice. Pendiri Rumah Pancasila dan Klinik Hukum Semarang ini membantu upaya mediasi antara Rahmat dengan pihak korban.

Baca Juga: Rumah Pancasila Perjuangkan Hak Kebutuhan Biologis Narapidana, Surati Presiden Joko Widodo

Sopir bajaj tersebut kini bisa menghirup udara bebas. Ia bahkan dikunjungi langsung oleh tim Rumah Pancasila di tempat tinggalnya, sebuah kos yang berada di Utan Panjang, Kemayoran, Jakarta Pusat, Sabtu 3 Desember 2022 lalu.

Sebelumnya, Yosep Parera sempat bertemu dengan Rahmat di dalam rumah tahanan. Kemudian terjalin komunikasi hingga akhirnya diupayakan mediasi, atas izin penyidik kepolisian setempat.

Halaman:

Editor: Eko Fataip

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X