Ni Pentingnya Sadar Literasi, Karena Bisa Menepis Berita Hoak

- Kamis, 1 Desember 2022 | 19:16 WIB
Mahasiswa Ilmu Komunikasi Fisip Undip melakukan Talkshow bersama kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan (Arpus) Kota Semarang di Gedung Oudetrap Kota Lama Semarang, Kamis (1/12/2022).  (SM/Pamungkas Suci Ashadi)
Mahasiswa Ilmu Komunikasi Fisip Undip melakukan Talkshow bersama kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan (Arpus) Kota Semarang di Gedung Oudetrap Kota Lama Semarang, Kamis (1/12/2022). (SM/Pamungkas Suci Ashadi)

SEMARANG,suaramerdeka.com- Dinas Arsip dan Perpustakaan (Arpus) Kota Semarang tengah berupaya meningkatkan literasi tak hanya bagi pelajaran tapi juga semua elemen masyarakat.

Sebab angka presentase literasi masih rendah.

Kepala Dinas Arpus Semarang, Endang Sarwiningsih menerangkan, gemar berliterasi sangat penting karena literasi tidak hanya baca tulis dan berhitung.

Tetapi harus benar-benar memahami dan mempraktikkan buku-buku yang telah dibaca, sehingga nantinya bisa menghasilkan barang dan jasa.

Baca Juga: Jangan Senang Dulu, Tingkat Literasi dan Inklusi Keuangan di Jateng DIY Memang Meningkat Tapi Ini Catatan OJK

"Jika literasi ini terus digaungkan dan dikembangkan maka masyarakat juga bisa sadar akan literasi,''

''Mereka juga bisa menepis berita hoak serta isu-isu yang tidak baik dan disintegrasi bangsa bisa kita tolak," ujar Endang ketika membuka acara Literavest yang berkolaborasi dengan Fisip Undip Semarang di Gedung Oudetrap Kota Lama Semarang, Kamis (1/12/2022).

Menurutnya, karena tingkat presentase literasi di Jawa Tengah masih sangat rendah maka Dinas Arpus Kota Semarang berupaya meningkatkan inovasi dengan memberikan sebaran buku.

Namun karena buku agak susah dijangkau Dinas Arpus mengembangkan perpustakaan online lewat E-Book.

Halaman:

Editor: Hendra Setiawan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X