Pesona Garda, Ubah Dusun Tertinggal Jadi Terkenal Berkat Aliran Tuntang

- Senin, 28 November 2022 | 17:07 WIB
 Pengunjung melintas area camping Desa Wisata Pesona Garda Dusun Dawung Desa Candirejo Kecamatan Pringapus Kabupaten Semarang, belum lama ini.  (SM/Hendra Setiawan)
Pengunjung melintas area camping Desa Wisata Pesona Garda Dusun Dawung Desa Candirejo Kecamatan Pringapus Kabupaten Semarang, belum lama ini.  (SM/Hendra Setiawan)

 

SEMARANG, suaramerdeka.com - Teriakan dan sorak sorai keseruan rombongan SMP dari Kecamatan Purwodadi di Kabupaten Grobogan memecah kesunyian tengah hutan yang dilintasi aliran dari Sungai Tuntang di Kabupaten Semarang.

Sungai dengan lebar sekitar 10 meter itu tepat berada di Dusun Dawung Desa Candirejo masuk Kecamatan Pringapus itu menjadi ramai dengan teriakan keseruan rombongan pelajar SMP yang sedang bermain arung jeram maupun river tubing.

Ya, mereka adalah pengunjung di Desa Wisata Pesona Garda yang sedang menikmati jernihnya aliran sungai sambil bermain air.

Baca Juga: Siap Hadapi Resesi, Ini 8 Budidaya Tanaman yang Bisa Bikin Jadi Jutawan, Salah Satunya Paprika

Pesona Garda adalah desa wisata yang dulunya merupakan dusun tertinggal dengan hanya dilalui sungai biasa.

Namun, berkat keuletan dan kegigihan para pemuda desanya itu membuat dusun tertinggal itu kini berubah menjadi dusun terkenal.

Ada potensi wisata yang kemudian ditangkap dan dikelola pemuda desa hingga kemudian menjelma sebagai tempat wisata alami dan asri yang mengandalkan aliran sungai sebagai daya tariknya.

“Seru sekali tadi main river tubing bareng temen-temen. Asyik banget ternyata,” kata Elly Rachmawati (14), siswi asal Purwodadi saat ditemui di pinggir sungai.

Baca Juga: 4 Tips Menanam Pohon Pisang di Pekarangan Rumah Agar Terhindar dari Masalah

Halaman:

Editor: Hendra Setiawan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X