Kantah Kabupaten Klaten Gencarkan Sosialisasi PTSL kepada Masyarakat

- Jumat, 25 November 2022 | 14:46 WIB
Kepala Kantah Kabupaten Klaten, Tentrem Prihatin (suaramerdeka.com/dok)
Kepala Kantah Kabupaten Klaten, Tentrem Prihatin (suaramerdeka.com/dok)

KLATEN, suaramerdeka.com - Kantor Tanah (Kantah) Kabupaten Klaten terus menggencarkan sosialisasi Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) kepada masyarakat.

Hasil sosialisasi PTSL yang dilakukan mulai terlihat nyata. Dari total 401 desa dan kelurahan di Kabupaten Klaten, sebanyak 49 desa masuk menjadi fokus Penlok atau Penetapan Lokasi untuk tahun 2022.

Penlok ini menjadi lokasi dijalankannya program strategis Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) yang dalam hal ini adalah program PTSL.

Baca Juga: Menteri PUPR Basuki Hadimuljono Bakal Bangun Rumah Tahan Gempa Usai Pemda Tetapkan Kawasan Relokasi

Terkait pelaksanaan PTSL di Klaten, Kepala Kantor Pertanahan (Kantah) Kabupaten Klaten menjelaskan bahwa sudah lebih dari setengah desa yang menjadi Penlok 2022 telah berhasil dirampungkan.

“Untuk di Kabupaten Klaten, sudah ada 28 desa yang telah ditetapkan menjadi Desa Lengkap. Hal ini artinya seluruh bidang tanah yang ada di desa-desa tersebut sudah berhasil terpetakan dan terdaftarkan seluruhnya,” ungkap Kepala Kantah Kabupaten Klaten, Tentrem Prihatin.

Masyarakat di Kabupaten Klaten menurut Tentrem Prihatin sangat antusias mendapati program PTSL.

Baca Juga: Piala Dunia 2022 Qatar, Prediksi Belanda vs Ekuador, Belanda Diunggulkan Meski Tanpa Pemain Berlabel Bintang

“Masyarakat di sini antusias betul. Syukur pelaksanaan PTSL 2022 sudah berjalan cukup lancar. Kesadaran masyarakat untuk lakukan pemasangan tanda batas di tanah-tanahnya juga cukup baik,” ujarnya.

“Antusiasme masyarakat Klaten yang sangat tinggi terkait penyertipikatan tanah ini membantu tercapainya target yang ditetapkan. Bahkan seringkali realisasinya melebihi target yang ditetapkan untuk melakukan pendaftaran tanah dalam satu Desa Lengkap,” lanjut Kepala Kantah Kabupaten Klaten.

Dengan program PTSL yang terus digencarkan, Kepala Kantah Kabupaten Klaten berharap masyarakat terus berpartisipasi aktif untuk mendukung jalannya Program Strategis Nasional (PSN) ini.

Baca Juga: Terdaftar Penerima BNPT Rp.600.000 dari Kemensos, Cek di Link Ini, Begini Caranya

“Meskipun masih berasa dampak pandemi Covid-19, mari kita sertipikatkan tanah yang kita miliki melalui PTSL. Bisa juga melalui permohonan mandiri, demi mendapatkan kepastian hukum kepemilikan akan tanah-tanah kita,” tutur Tentrem Prihatin.

Terpisah, Direktur Jenderal (Dirjen) Penetapan Hak dan Pendaftaran Tanah (PHPT) Suyus Windayana kembali angkat bicara tentang program PTSL

Halaman:

Editor: Edyna Ratna Nurmaya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Mustamsikin Didukung Nyalon Ketua PCNU Kendal 

Rabu, 30 November 2022 | 12:46 WIB

Peduli Kemanusiaan, IKD DPRD Kendal Gelar Donor Darah

Kamis, 24 November 2022 | 07:15 WIB
X