Teges Nieh, Kades Perempuan Desa Rembes Kabupaten Semarang Larang Warga Ngrokok Sembarangan

- Rabu, 16 November 2022 | 20:37 WIB
Kepala Desa Rembes, Kabupaten Semarang, Dra Hj Nur Arifah, menunjukkan sejumlah aturan desa yang larangan warga merokok sembarangan. () (SM/Surya Yuli P)
Kepala Desa Rembes, Kabupaten Semarang, Dra Hj Nur Arifah, menunjukkan sejumlah aturan desa yang larangan warga merokok sembarangan. () (SM/Surya Yuli P)

BRINGIN, suaramerdeka.com -Dra Hj Nur Arifah, merupakan Kedes Rembes, Kecamatan Bringin, Kabupaten Semarang, yang mampu melarang warganya terutama para lelaki merokok sembarangan.

Bahkan anak di bawah umur atau pelajar, akan mendapat teguran keras bila kedapatan merokok di lingkungan desa.

Pada periode kedua kepemimpinannya, Nur Arifah, telah menetapkan sejumlah kawasan tanpa merokok (KTR) di wilayah desanya.

Baca Juga: Cukai Rokok Naik 10 Persen Tahun Depan, Wamenkeu: Pertimbangkan Empat Aspek Penting

Dia juga melarang keras pemasangan reklame rokok di wilayahnya.

KTR tersebut di antaranya tempat pelayanan kesehatan, sekolah, arena bermain anak, tempat ibadah, angkutan umum, tempat kerja, dan tempat lainnya yang dilarang.

''Larang merokok sembarangan ini telah diatur dalam Peraturan Desa (Perdes) yang harus ditaati seluruh warga,'' ujar alumni Fakultas Pendidikan Psikologi UKSW Salatiga ini.

Baca Juga: WNA Meriahkan Fun Games UKSW Salatiga

Meski melarang keras merokok sembarangan dan membuat kawasan bebas asap rokok, bukan berarti Nur Arifah tidak memperbolehkan warganya merokok.

Halaman:

Editor: Hendra Setiawan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pemkab Semarang Hibahkan Tanah untuk Polres di Bancak

Sabtu, 21 Januari 2023 | 03:34 WIB
X