Festival Jajanan Tradisional, Bupati Demak Ajak Masyarakat Bangkitkan Kuliner Tradisional

- Rabu, 16 November 2022 | 08:24 WIB
 Bupati Demak Hj Eisti'anah mengunjungi salah satu stan dalam festival jajanan dan kuliner tradisional di Desa Boyolali, Kecamatan Gajah. (suaramerdeka.com / Hasan Hamid)
Bupati Demak Hj Eisti'anah mengunjungi salah satu stan dalam festival jajanan dan kuliner tradisional di Desa Boyolali, Kecamatan Gajah. (suaramerdeka.com / Hasan Hamid)

DEMAK, suaramerdeka.com - Kegiatan festival jajanan tradisional selain menarik perhatian para pecinta kuliner, juga bagian dari upaya melestarikan makanan khas daerah.

Sehubungan itu, Bupati Demak Hj Eisti'anah mengajak pemerintah desa dan masyarakat membuat kegiatan festival jajanan tradisional dengan kemasan sedemikian rupa sehingga memiliki daya pikat yang lebih besar.

"Kuliner dan jajanan tradisional itu menyimpan kenangan, pasti ada klangengan bagi warga masyarakat," katanya saat menghadiri Promosi Wisata melalui Festival Jajanan Tradisional di Desa Boyolali Kecamatan Gajah.

Baca Juga: Apesnya Marco Reus: Selalu Cedera Jelang Turnamen Besar, Termasuk Piala Dunia

Menurutnya, Kabupaten Demak termasuk daerah penghasil pertanian yang melimpah.

Dari hasil pertanian itu pula dapat diolah menjadi makanan dan jajanan yang beraneka rupa dan bentuk.

"Olahan masakan dan jajanan seperti ini merupakan menu khas Nusantara, sangat penting dalam rangka melestarikan dan nguri-uri jajanan tradisional agar lebih dikenal masyarakat Kabupaten Demak, khususnya kepada generasi muda," kata Bupati Demak.

Baca Juga: Erik ten Hag Tegas! Enggan Memainkan dan Minta Ronaldo Dicoret dari Manchester United

Adapun jajanan tradisional yang diikutkan dalam festival antara lain lain aneka macam gethuk, dawet, lapis, putu ayu, cethot, klepon, onde-onde, pepes belut, jamu coro, wedang wuluh, wajik, jenang, ketan, kripik, lemper, tumpeng dan pecel tanjung.

Pada bagian lain, bupati menyebut bahwa pariwisata merupakan salah satu sektor pembangunan yang terus digalakkan oleh Pemerintah Kabupaten Demak.

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Komisi C DPRD Demak Fokus Penataan Kawasan Kumuh

Sabtu, 24 Desember 2022 | 04:27 WIB

Bapemperda DPRD Demak Hasilkan 10 Perda

Selasa, 20 Desember 2022 | 21:52 WIB

Langkah Jangka Pendek Tinggikan Jalan di Bonang

Senin, 12 Desember 2022 | 21:58 WIB
X