Siswa Perlu Menumbuh Kembangkan Kompetensi dan Karakter

- Kamis, 27 Oktober 2022 | 21:36 WIB
Tim Peer Educator SMP Negeri 22 Semarang foto bersama Prof. Robert Blum dari John Hoppkins University, Mrs. Miranda dari Rutgers Belanda saat hadir di konferensi internasional family Planning tanggal 23 Agustus 2022, bercerita tentang manfaat kesehatan reproduksi bagi remaja.  (SM/dok)
Tim Peer Educator SMP Negeri 22 Semarang foto bersama Prof. Robert Blum dari John Hoppkins University, Mrs. Miranda dari Rutgers Belanda saat hadir di konferensi internasional family Planning tanggal 23 Agustus 2022, bercerita tentang manfaat kesehatan reproduksi bagi remaja. (SM/dok)

SEMARANG,suaramerdeka.com- Kepala SMP Negeri 22 Semarang, Rini Rusmiasih, berpendapat, pendidikan karakter tentu sangat penting bagi siswa.

Sebab begitu cepat dan pesatnya perubahan di era saat ini, sehingga siswa perlu menumbuh kambangkan kompetensi dan karakter yang dibutuhkan di Abad 21.

Menurutnya, ketrampilan Abad 21 ini cakupannya luas, tidak hanya ketrampilan berpikir kritis dan literasi saja, tetapi juga ketrampilan sosial.

Baca Juga: Kepala Desa Didorong Melek Literasi Keuangan

Pada kurikulum 2013, pencapaian Standar Kompetensi Lulusan perlu didukung Kompetensi inti sikap yang mencakup sikap spiritual dan sikap sosial.

"Hal inilah yang tentu akan membentuk sikap, dari sikap akan membentuk kebiasaan, dan selanjutnya menyatu dalam sebuah karakter," ujarnya, Kamis 27 Oktober 2022. 

Bahkan menurutnya, pada kurikulum Merdeka pun pembentukan karakter tetep menjadi hal yang penting melalui Profil Pelajar Pancasila.

Baca Juga: Seminar Online JSIT Jateng: Profil Guru SIT dalam Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila

Di samping itu, lingkungan dan orang terdekat dapat mempengaruhi karakter.

Halaman:

Editor: Hendra Setiawan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X