OJK Regional 3 Jateng dan DIY Jadi Lembaga Percontohan yang Berhasil Merawat Bangunan Cagar Budaya

- Jumat, 7 Oktober 2022 | 07:56 WIB
Kantor OJK Regional 3 Jateng dan DIY yang menempati bangunan cagar budaya di jalan Kiai Saleh Semarang. Foto: dokumentasi facebook OJK Regional 3 Jateng dan DIY.
Kantor OJK Regional 3 Jateng dan DIY yang menempati bangunan cagar budaya di jalan Kiai Saleh Semarang. Foto: dokumentasi facebook OJK Regional 3 Jateng dan DIY.

SEMARANG, suaramerdeka.com - OJK Regional 3 Jateng dan DIY dinilai berhasil menjadi percontohan lembaga yang berhasil merawat dengan baik bangunan cagar budaya.

Saat ini OJK Regional 3 Jateng dan DIY menempati kantor bangunan cagar budaya yang merupakan rumah peninggalan Oei Tiong Ham di Jalan Kiai Saleh nomor 12-14 Semarang.

Bangunan itu berdiri di atas tanah seluas 7.560 m2 dan ditetapkan sebagai bangunan cagar budaya melalui SK Walikota Semarang Nomor 646/50/1992 Tangggal 4 Februari 1992.

Baca Juga: Bahas Tragedi Stadion Kanjuruhan 2022, Cak Nun: Ujian Mawas Diri NKRI

Ketua Komisi C DPRD Kota Semarang, Rukiyanto menyampaikan apresiasi kepada OJK atas pengelolaan gedung cagar budaya tersebut.

“Kami berharap hal positif dalam pengelolaan gedung dapat dipertahankan, sehingga masyarakat yang datang lebih nyaman karena bangunan yang indah dan merasa memiliki,"katanya saat berkunjung ke gedung Cagar Budaya OJK Regional 3 Jateng dan DIY.

Kepala Bidang Tata Bangunan Dinas Penataan Kota
Semarang, Ismet Adipradana menambahkan OJK adalah lembaga percontohan yang berhasil merawat dengan sangat baik bangunan cagar budaya.

Baca Juga: Penampakan Tembok MTsN 19 Pondok Labu Jakarta Selatan Sebelum Roboh Diterjang Banjir dan Menewaskan 3 Siswa

Bangunan itu masih difungsikan dengan baik sebagai tempat perkantoran untuk melayani stakeholder.

Sementara itu Kepala OJK Regional 3 Jateng dan DIY Aman Santosa menjelaskan OJK menggunakan bangunan itu dengan status sewa pada tahun 2016, namun kepemilikan bangunan tersebut resmi dibeli oleh OJK pada tahun 2018.

Halaman:

Editor: Cun Cahya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Bakso Viral Seafood Korea Ada di Kuliner Kauman

Jumat, 25 November 2022 | 20:04 WIB
X