Prioritaskan Kualitas Tembakau, Pemkab Demak Buka Demplot di Sembilan Lokasi

- Jumat, 7 Oktober 2022 | 08:48 WIB
Bupati Demak dr Hj Eisti'anah mengamati kualitas tembakau dengan mencium daun tembakau hasil pertanian di Karangawen yang telah dirajang menggunakan mesin perajang tembakau. (suaramerdeka.com / Hasan Hamid)
Bupati Demak dr Hj Eisti'anah mengamati kualitas tembakau dengan mencium daun tembakau hasil pertanian di Karangawen yang telah dirajang menggunakan mesin perajang tembakau. (suaramerdeka.com / Hasan Hamid)

DEMAK, suaramerdeka.com - Pemkab Demak melalui Dinas Pertanian dan Pangan melakukan pendampampingan dan fasilitasi kepada petani tembakau agar menghasilkan tembakau berkualitas.

Salah satunya melalui demontration plot atau demplot yang disiapkan di 9 lokasi Demak di kecamatan Karangawen, Mranggen dan Guntur.

Hal tersebut mengemuka dalam Farmers Field Day atau Temu Lapang Petani, demplot tanaman tembakau yang digelar Dinpertan Kabupaten Demak di Desa Tlogorejo Kecamatan Karangawen.

Baca Juga: Prakiraan Cuaca Semarang 7 Oktober 2022: Berawan, Diguyur Hujan Sedang pada Malam Hari

Kegiatan yang dibuka Bupati dr Hj Eisti'anah SE tersebut dihadiri Plt Kadinpertan Agus Herawan, perwakilan Dinas Pertanian dan Perkebunan Jateng, Camat Karangawen dan Guntur, Forkopimcam dan para kelompok tani tembakau.

Bupati mengatakan, komoditas tembakau mendapat perhatian Pemkab Demak dengan harapan hasil panenannya berkualitas agar harga jualnya tingga sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan petani tembakau.

Di Kabupaten Demak, tembakau bersifat spesifik lokalita artinya bisa dikembangkan dengan teknologi yang sesuai dengan potensi agroekosistem wilayah.

Baca Juga: Rizky Billar Tak Penuhi Panggilan Polisi, Kuasa Hukum: Psikisnya Terganggu

"Di Demak tanaman ini hanya dapat tumbuh dan berkembang baik di tiga wilayah meliputi Kecamatan Mranggen, Karangawen, dan Guntur. Jenis tembakau yang terkenal di sini adalah tembakau mranggenan," katanya.

Tahun 2021, luas panen tembakau di Kabupaten Demak mencapai lebih dari 2.000 hektare dengan produktivitas 2 ton per hektare.

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

DPRD dan Bupati Demak Sepakati Raperda APBD 2023

Jumat, 25 November 2022 | 20:40 WIB

Bupati Demak Launching E-Tekad Bank Jateng

Kamis, 24 November 2022 | 18:35 WIB

Bupati Demak Resmikan Pusat Layanan Kesehatan Hewan

Rabu, 23 November 2022 | 07:00 WIB

BPN Serahkan 185 Sertifikat HM Tanah Aset Pemkab Demak

Selasa, 22 November 2022 | 15:45 WIB

Bupati Demak Sambut Kirab Obor Pospenas IX di Girikusumo

Selasa, 22 November 2022 | 10:36 WIB

Demak Mempersiapkan Diri Menuju Kabupaten Sehat

Selasa, 22 November 2022 | 09:36 WIB

Cegah Stunting, Pemkab Canangkan Desa Gong Ceting

Minggu, 20 November 2022 | 08:29 WIB
X