BOR di Kota Semarang Turun, ICU Masih Penuh, Hendi: Tetap Prokes Ketat, Ingat Masa-Masa Susah

- Kamis, 29 Juli 2021 | 18:42 WIB
Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi (suaramerdeka.com/dok)
Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi (suaramerdeka.com/dok)

SEMARANG, suaramerdeka.com - Pasca pemberlakuan PPKM darurat hingga PPKM level 4, BOR (Bed Occupancy Rate) atau tingkat keterisian tempat tidur di Kota Semarang jauh menurun.

Wali kota Semarang, Hendrar Prihadi menuturkan, jika BOR di beberapa Rumah Sakit yang ada di ibu kota Provinsi Jawa Tengah tersebut berkurang menjadi 46,2 persen. Sedangkan rumah isolasi terpusat BOR-nya di angka 28%.

"Saya harus bercerita ada data sekitar 2.700. Terdiri dari Rumah Sakit dengan ICU dan tempat isolasi nya sekitar 1.700 sekian kemudian tempat isolasi atau karantina terpusat ada sekitar 1.000 sekian dan hari ini yang ada di tempat isolasi terpusat atau isoter BOR-nya ada sekitar 28%. Di RS secara keseluruhan, BOR-nya sudah sekitar 46,2%," ujar Hendi.

Baca Juga: Aksi Bendera Putih Diharap Tak terjadi, Ridwan Kamil Minta Kepala Daerah Proaktif Temui Masyarakat

Turunnya BOR di sejumlah Rumah Sakit dan rumah isolasi juga terjadi di ICU. Hanya saja penurunannya diakui Hendi belum signifikan.

"Hanya memang tingkat keterisian di ICU nya masih sangat tinggi. Catatan kami di angka 91,4 persen. Beberapa rumah sakit punya sisa ICU 1-2, ada juga yang penuh," imbuh Hendi.

Dirinya menjelaskan bahwa BOR ICU yang masih tinggi bukan berarti pasien covid di Kota Semarang banyak yang berat, tetapi karena yang dirawat di ICU adalah gejala berat, artinya memerlukan perawatan yang lebih lama sampai benar-benar dinyatakan sembuh.

Selain itu, Hendi menambahkan jika prosentase BOR ICU yang tinggi disebabkan karena jumlah kamar ICU yang terbatas jika dibandingkan jumlah kamar isolasi. Menurutnya jika ingin menurunkan BOR ICU, satu-satunya cara dengan menambah jumlah ICU sebanyak-banyaknya.

Baca Juga: Polda Jateng Sebut Video Kegiatan Hajatan di Museum RA Kartini Tidak Benar

Halaman:

Editor: Edyna Ratna Nurmaya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Prakiraan Cuaca Semarang Hari Ini: Berawan Sepanjang Hari

Selasa, 21 September 2021 | 06:00 WIB

Keliru Menginjak Pedal, Mobil Terjun Bebas Masuk Kanal

Senin, 20 September 2021 | 15:46 WIB

Semarang Panas, Hendi Galakkan Penghijauan

Minggu, 19 September 2021 | 20:08 WIB
X