Ibu-ibu KUB Oke Dilatih Membuat Minuman Sari Kedelai dengan Metode Sederhana

- Kamis, 29 Juli 2021 | 12:50 WIB
Ilustrasi Kacang Kedelai. (suaramerdeka.com / dok)
Ilustrasi Kacang Kedelai. (suaramerdeka.com / dok)

SEMARANG, suaraemerdeka.com - Ibu-ibu yang tergabung dalam Kelompok Usaha Bersama Olahan Kedelai (KUB Oke) Kelurahan Sumurejo dilatih bagaimana cara membuat minuman sari kedelai oleh owner sekaligus direktur CV Puspita, Riyadin.

Pelatihan berlangsung secara virtual itu Riyadin memaparkan proses pembuatan minuman sari kedelai mulai dari penyiapan bahan baku, seperti kedelai, gula pasir, garam, daun pandan hingga waterpurification.

Selanjutnya, Riyadin menjelaskan proses perendaman dan pencucian, pemastaan, pemisahan sari kedelai dari ampasnya, pemasakan, dan penyaringan.  "Kemudian filling dan sealing, coding hingga pengemasan," katanya, belum lama ini.

Mereka juga diberi materi tentang bagaimana dan ke mana saja produk mereka harus didistribusikan mulai dari puull, mitra, warung hingga sampai kepada konsumen.

Baca Juga: Kemenkumham Salurkan 46 Ribu Paket Bantuan

Kegiatan ini, kerja sama antara PPM UPT Unnes dengan Forum Tempe Indonesia Jateng yang keduanya diketuai Prof Siti Harnina Bintari.

Bersama tim, Nina sapaan akrabnya telah mendampingi masyarakat di tiga kegiatan di kelembagaan KUB, mulai dari aspek produksi tahu tempe serta olahannya dan juga aspek manajemen di Sumurejo untuk mewujudkan Sumurejo sebagai Kampung Oke (Olahan Kedelai).

Dosen PPM UPT Unnes itu mengungkapkan, pada tahun ke-3 2021 PPM UPT menangani olahan tempe menjadi produk kripik tempe kelor yang akan dijadikan salah satu produk andalan KUB OKE Sumurejo bersama Owner UMKM Podo Seneng, Alfiyah.

Baca Juga: Bantu Tingkatkan Kapasitas, Teknologi Pengolah Limbah Medis Skala Kecil dan Mobile Dikembangkan BRIN

"Pelatihan kali ini kami hadirkan pengusaha besar pembuatan sari kedelai dari Bekasi yakni Pak Riyadin. Dia mempunyai usaha susu kedelai yang dibuat dari kedelai genetically modified organism (GMO)," katanya.

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Prakiraan Cuaca Semarang Hari Ini: Berawan Sepanjang Hari

Selasa, 21 September 2021 | 06:00 WIB

Keliru Menginjak Pedal, Mobil Terjun Bebas Masuk Kanal

Senin, 20 September 2021 | 15:46 WIB

Semarang Panas, Hendi Galakkan Penghijauan

Minggu, 19 September 2021 | 20:08 WIB
X